Friday, November 27, 2015

sudah seharusnya truck dibuatkan jalur sendiri demi keamanan pengguna jalan lainnya

Mungkin sahabat bikers dan pembaca sekalian ada yang berpikir kalau seharusnya truck di buatkan jalur sendiri agar tidak terlalu macet dan lebih nyaman bagi pengguna jalan lainnya. akupun juga ada pikiran begitu karena setiap hari aku selalu ada di jalan raya. dan saat aku memandang di jalan manapun selalu melihat truck dan itupun jumlahnya gak sedikit. kanan, kiri depan belakang penuh truck dan jumlahnya gak kalah dengan kendaran pribadi (mobil). memang gak ada salahnya dengan truck ini sebenarnya tapi karena pemilik atau pengemudi kurang memperhatikannya bisa terjadi banyak hal negatif yang di akibatkan truck di jalan umum.

banyak insiden di jalan yang berhubungan dengan truck walau gak selalu trucknya salah. tapi banyak juga akibat kecelakaan karena truck. seperti tiba-tiba rem blong menabrak pengguna jalan lain yang menimbulkan korban jiwa, hal ini sangat sering terjadi dan tentu korbannya terutama pengendara motor meninggal dengan mengenaskan karena terlindas truck. kemudian mesin yang di forsis mengankut melebihi kapasitas yang membuat banyak masalah di jalan seperti jalan pelan dan menghalangi pengguna jalan lainnya, seharusnya bisa cepat sampai jadi lambat para pengguna jalan lain. kemudian saat menanjak kadang gak kuat dan mundur. itupun juga terkadang memakan korban. mesin di forsis juga sering bikin truck mogok dan tentu bikin macet panjang. ini juga sering terjadi di porong dan kemacetan akan berlangsung lama.

banyak pengguna motor terlindas truk walau sebagian besar bukan salah trcuknya tapi pengendara motornya.  kalau truck gak lewat situ pasti ya gak sampai separah itu kecelakaannya. hehehe ngeblame banget aku ^_^. tapi aku sendiri sering menyaksikan kecelakaan-kecelakaan yang di akibatkan truck ataupun kendaraan lain yang melibatkan truck. sudah banyak korban yang aku lihat cukup mengerikan. apalagi dengan jumlah truck yang gak kalah dengan jumlah mobil pribadi di jalan membuatnya makin maut karena ukuran besar yang dapat bikin ngeri saat di jalan. kena klaksonnya saja sudah kaget.

di jalan tol juga begitu, setiap ada kemacetan biangnya pasti kebanyakan truck. gimana tidak, jalur kanan untuk melaju cepat malah truck dengan lambat melewatinya sehingga fungsi tol untuk sampai tempat tujuan lebih cepat malah jadi tetap lama. mau menyalip ke kiri juga gak bisa soalnya juga penuh truck di jalur kiri, di jalur kanan juga ada truck lewat dengan lambatnya, kalau sudah begitu lewat jalan tol gak terlalu signifikan bedanya dengan lewat jalan biasa (pengalaman pribadi). sebenarnya gak ada masalah dengan truck asal si pemilik/pengemudi merawat dengan benar, berhubung asal-asalan dan terlalu di paksakan dengan mengangkut melebihki kapastias sehingga sering terjadi trobel pada truck di jalan yang gak jarang memakan korban jiwa.

apalagi dengan populasi truck yang gak sedikit seperti yang aku bilang tadi hampir sama dengan jumlah mobil pribadi di jalan membuatku berpikir seharusnya di bikin jalan sendiri, walau sepertinya gak mungkin soalnya membangun jalan ongkosnya gak sedikit. tapi kalau pemerintah serius gak ada yang gak bisa. daripada timbul banyak korban berjatuhan kan mending di usahakan demi keamanan bersama saat menggunakan jalan. ssalam satu aspal semoga selalu selamat di jalan. jangan lupa berdo'a juga.

No comments: