Saturday, June 13, 2015

sedikit keunggulan CB/CBR650 dibandingkan Z800 yang menang di spesifikasi dan harga




Moge-moge honda baru saja dirilis dengan ramai dan meriah, hal ini sangat positif bagi bikers karena semua brand motor jepang kini semuanya jualan moge, komplit jadinya. disamping itu buat bikers yang susah nyari importer umum bisa datang ke dealer-dealer resmi penjual motor moge. sperti judul yang aku tulis di atas yang sudah jelas CB/CBR650F kalah telak dibandingkan Z800 dari segi spesifikasi dan harga (harga ATPM resmi). Z800 --> Rp.208.000 VS CB/CBR650F Rp.235.000/240.000. bisa bro lihat harga & spesifikasi beda banget nih, bikin bikers yang ngiler CB/CBR650F geleng-geleng dan bisa berpaling ke merek lain yang lebih kompetitif harga dan spesifikasinya seperti yang aku tulis sebelumnya.

walaupun begitu ada sisi lain yang unggul dari CB/CBR650F dibandingkan Z800. apa itu? sahabat bikers bisa lihat dengan jelas yaitu dari segi tempat duduk CB/CBR650F yang rata seperti motor sport150cc-an tidak berpisah seperti motor sport adalah kelebihannya. lho bukannya itu malah kurang sporty? kan moge seharusnya duduknya antara rider dan yang dibonceng terpisah agar terlihat sporty dan keren. kan dimana-mana sudah terpisah tempat duduknya karena keren plus merupakan khas motor moge yang sporty! kalau tempat duduk tidak terpisah jadi kesannya motor kurang sporty karena mirip motor 150ccan. itu benar, itu sebuah keunggulan kalau tempat duduknya terpisah, tapi juga merupakan kekurangan bagi bikers yang boncengan.

 karena kalau tempat duduk terpisah biasanya yang dibonceng lebih capek daripada yang membonceng. jadi kalau touring jarak jauh pasti kerasa banget capeknya yang di bonceng dan kurang nyaman sekali. memang dari segi enak di pandang tempat duduk terpisah lebih oke, tapi kenyamanan yang jadi korbannya. bukannya motor street fighter seharusnya menawarkan kenyaman bagi bikers daripada motor sport fairing yang nunduk bikin cepet capek saat jarak jauh? jadi menurtuku kalau motor street fighter seharusnya tidak mengutamakan segi desain saja, tapi juga kenyamanan. sperti CB/CBR650F  walau model/body sporty banget tapi tempat duduk sengaja dibuat tidak terpisah agar terasa nyaman bagi yang dibonceng juga, bukan hanya yang bonceng saja.

memang model seperi itu (tepat duduk tidak terpisah) banyak yang gak suka dan bilang kurang sporty modelnya tapi soal kenyamanan tentu lebih baik. berhubung honda yang desain ini motor CB/CBR 650F yang tentunya dengan ke-khasannya soal kenyamanan  motor sehingga juga mengutamakan kenyamanan yang optimal. jadilah mereka membuat tempat duduknya tidak terpisah agar sisi kenyamanan bisa lebih terasa tapi model motor tetap  keren, sebuah ide yang hebat menurtku. jadi itulah sedikit keunggulan CB/CBR650F daripada Z800, walau gak banyak orang yang berpikiran begitu karena berpikir tidak keren moge tempat duduknya gak terpisah. 

kenapa aku bisa kepikiran kalau tempat duduk tidak terpisah lebih nyaman buat yang dibonceng daripada yang tempat duduknya terpisah? karena aku sering touring jarak jauh memakai R25 berboncerngan. nah saat itulah yang aku bonceng sudah meresa capek, dan tidak nyaman di tengah perjalanan, jadinya yang aku bonceng tersiksa dan kelelahan harus instirahat sejenak. memang terlihat keren tempat duduk terpisah tapi sebagai gantinya kenyamanan jadi korban. R25 kan masih sport fairing jadi wajar, kalau street fighter seharusnya tempat duduk tidak terpisah agar lebih nyaman. contoh nyata adalah New Vixion. walau modelnya keren dan sporty tapi tempat duduknya tidak terpisah sehingga nyaman  tapi model tetap keren abis. salam bikers, salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: