Monday, June 8, 2015

Manusia Touring

sebenarnya cuma iseng saja menulis ini, tapi hati ingin menulisnya. rasanya mengganjal kalau gak menulisnya. sebenarnya ini hanya istilahku saja terhadap bikers yang benar-benar senang touring bukan sekedar hoby bermain motor semata. dan ada lagi kriteria manusia touring yaitu benar-benar tangguh menempuh perjalanan yang jauh dengan menggunakan motor. entah motor bebek, matic atau sport yang penting tangguh & tak kenal menyerah menempuh perjalanan jauh. terkadang aku menjuluki diriku sendiri dengan julukan manusia touring karena kemana saja perjalanannya tak pernah menyerah, mengeluh saat perjalanan jauh. disaat beberapa orang mengeluh kalau ke tempat yang jauh menggunakan motor dengan alasan capek dan lainnya sebenarnya aku sanggup menempuhnya dan tak pernah mengeluh. aku sendiri sebenarnya di dalam hati ingin sekali touring ke tempat-tempat yang bisa dibilang jauh tapi tidak bisa terwujud karena banyak alasan.

yang pertama ya dari segi keamanan. kita tau begal merajalela disini (jawa timur) bahkan jauh sebelum heboh di jawa barat disini sudah ramai cuman gak ke espose saja. dan itu sampai sekarang. pernah terjadi kejadian naas menimpa bikers penunggang NVL. sepertinya dari bali mungkin mau menghadiri acara club di jawa timur tapi di tengah perjalanan sang bikers ditemukan meninggal. dari ktp dan stnk yang masih ada di dompet motornya NVL dan berasal dari bali, sedangkan motornya sudah raib dibawa begal. itu cuma sebagian cerita duka seorang bikers, sebenarnya banyak ribuan cerita lainnya yang gak bisa aku tulis semuanya disini korban begalnya. 

yang kedua partner, ini yang sulit banget. sulit mencari partner touring yang benar-benar tangguh. sangat susah sekali! walau aku sudah berkeluarga aku bisa saja bersama istriku touring seperti biasanya, tapi kalau medan berat dijamin gak bakalan kuat. aku gak mau menyusahkan istriku jadi kalau medan berat aku gak mengajaknya agar tidak kelelahan. jadi parter yang benar-benar tangguh sangat sulit di temukan. sebenarnya ada yang tangguh lagi yaitu bro Iwan, teman sepekarjaan dia memang super tangguh dan aku sangat kagum padanya. tapi masalahnya aku tidak pernah punya waktu yang pas untuk touring bersama. berulang kali bro iwan menawariku touring bersama tetapi aku disaat yang tidak memungkinkan. di saat memungkinkan gak ada yang mengajak dan tourin sendiri jadinya.

diluar sana memang sangat banyak manusia touring yang tangguh! apalagi di usia muda sangat banyak sekali. dan mereka-mereka beruntung bisa mewujudkan keinginan mereka touring kemana saja dan hatipun senang. seperti teman kuliah adikku yang juga hoby touring super hardcore. aku menjulukinya karena dia berani dari surabaya sendirian tanpa rekan naik motor gak takut di begal dan menempuh perjalanan jauh membawa kamera dan tripod saja demi hunting pemandangan yang indah. bahkan merekam memakai kamera sambil nyetir motor satu tangan, benar-benar herdcore nih. satu lagi saudaraku sendiri penunggang cbr 250. dia sangat tangguh, bayangkan saja dia menempuh perjalanan panjang tanpa  istirahat. kalau istirahat paling cuma isi bensin, sholat dan makan sebentar. setelah itu gak berhenti untuk melepas lelah. biasanya dari sini ke jawa tengah nunggang motor sport tanpa berhenti atau istirahat sekalipun, melewati gunung merapi dan gunung lainnya tanpa lelah.

tidak hanya itu, ke jatim tapi tempat yang jauh sekalipun walau jaraknya jauh gak istirahat sama sekali. padahal aku ke gunung kelud pp saja capek juga hehehehe. mereka-mereka ini manusia touring sejati dan real bikers yang penuh pasion. sedangkan aku juga ada semangat tapi banyak kendala dan beberapa diantaranya yang aku sebutkan di atas tadi. jadi aku ini bisa di bilang manusia touring yang tidak bisa mengoptimalkan kemampuannya karena berbagai kendala. semoga di masa depan aku bisa touring dengan optimal. apalagi bersama sahabat atau keluarga pasti aka lebih menyenangkan. ^_^ salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: