Tuesday, June 16, 2015

Definisi sport matic, N-MAX real sport matic?

Semakin hari motor matic semakin banyak populasinya karena minat akan motor matic semakin tinggi karena bikers sudah mulai meninggalkan motor bebek. dengan jumlah sebanyak itu tentu di imbangi dengan berbagai jenis matic. ada matic entry level, medium dan premium. sport matic sendiri sebenarnya berbagai macam kelasnya. ada yang entry level sampai premium. nah terkadang pabrikan motor melabeli motor matic mereka dengan motor sport matic, padahal belum tentu bisa di bilang begitu sebenarnya menurutku, karena menamai motor seharusnya sesuai kriteria yang pas terhadap spesifikasi motor tersebut. jadi menurtku definisi sport matic itu : 
- unsur matic : harus nyaman, karena namanya matic kan menawarkan kenyamanan lebih dari motor jenis lainnya. 
- unsur sportnya : seharusnya di imbangi performa yang dahsyat seperti motor sport dan desain motornya sporty.

jadi motor matic yang di jual di pasaran (indonesia) menurutku tidak ada yang benar-benar sport matic sesungguhnya. seperti pada motor yamaha, body memang sporty dan power oke tapi kenyamanan masih biasa saja jadi belum bisa di sebut sport matic sejati. kalau Honda nyaman iya tapi performa biasa dan kurang sporty modelnya sehingga belum bisa di katakan sport matic sejati juga. Baru-baru ini yamaha merilis motor N-Max yang dikatakan sebagai sport matic, apakah ini real sport matic? mungkin pendapat orang berbeda-beda. kalau pendapat pribadiku N-Max masih belum bisa dikatakan sport matic, kenapa? dari berita yang aku baca di berbagai blog & media internet yang membahas otomotif roda 2 mengaatakan kalau suspensi N-Max keras sehingga kurang nyaman. kemudian saat ditanyakan ke pihak yamaha mereka mengatakan memang di setting keras karena namanya Sport Matic jadinya di buat  keras, kalau terlalu lembut akan membuat ketidakstabilan saat manuver.

jujur kalau pendapatnya seperti itu aku kurang setuju karena aku memakai vario 125 dulu walau cepat tapi saat bermanuver enak-enak saja, gak ada namanya gak stabil padahal lembut settingan suspensinya. jadi alasan aku masih tidak menganggap N-Max motor sport matic sejati karena seperti yang aku katakan tadi definisinya sport matic itu harus nyaman, keren dan juga kencang jika salah satu unsur tadi ada yang kurang berarti tidak bisa dikatakan sport matic sesungguhnya, dan salah satu unsur tadi ada yang kurang pada N-Max. body sudah sport banget, teknologi dan performa sangat sport dua jempol untuk N-Max namun sisi kurangnya pada kenyamanan, suspensi belakangnya kurang nyaman karena keras jadi belum bisa di anggap sport matic sejati. salam bikers salam persaudaraan, appaun motor dan merknya bikers adalah saudara!



No comments: