Wednesday, June 24, 2015

prediksi faktor-faktor penyebab matic yamaha kurang diminati daripada kompetitornya

Motor matic yamaha sebenarnya tidak kalah dengan kompetitornya, dari segi teknologi, desain dan hargapun sangat kompetitif. tapi kenapa kok tidak selancar kompetitornya dalam penjualan? aku kan ada pengalaman saat membeli R25 dulu dan melihat kondisi lapangan bagaimana cara pemasarannya yang berbeda yang membuat efek pada pembeli berbeda pula. 

1. faktor yang paling signifikan adalah leasing/kredit dari motor yamaha ini. memang kenapa? ini bukan masalah DP saja, ya memang berpenaruh, tapi ada lagi faktor lain di sistem leasing yamaha yang bikin sulit bersaing yaitu bunganya. saat aku membeli R25 dan Jupiter MX King saudaraku di hitung-hitung ternyata bunganya yang tinggi jika membeli melalui kredit/leasing. ini yang cukup memberatkan konsumen, saat melihat produk yamaha bagus kemudian mau kredit dan melihat list harga kreditnya lebih mahal dari kompetitornya bahkan lumayan jauh bikin calon pembeli  jadi gak mood beli motornya. ya memang gak semuanya begitu, kadang ada yang bisa dinego sampai dengan harga yang murah kreditnya tapi sebagian besar gak bisa dan tetap dengan harga tinggi itu. hal ini cukup membuat calon pembeli mikir-mikir lagi.

2. faktor berikutnya adalah bagaimana sales menjualnya. untuk sales kompetitornya mereka selalu menyebar dimana-mana ke tempat yang biasanya ramai bawa mobil pick up dan menyebarkan brosur dan bebagai kreatifitas lainnya, gak hanya di dealer dan stand-stand tertentu saja. sehingga konsumen tidak perlu repot-repot ke dealer, tapi cukup ke sales yang ada di jalan-jalan. walau sales yang dijalan-jalan sama saja sebenarnya, bahkan harganya ada yang lebih miring dari dealernya dan bisa proses ditempat tinggal kirim kerumah setelah survey (kalau kredit). berbeda dengan sales yamaha, aku ke tempat yang rame gak satupun melihat sales yamaha berada disana. justru malah kompetitornya yang banyak padahal saat itu apalagi teman-temanku yang demen motor yamaha penasaran dengan harga motor yamaha yang baru karena sebagian dari mereka akan membeli motor yamaha baru dan males ke dealer kalau gak saat beli.

nah kalau saja sales yamaha mencontoh dari sales kompetitornya mungkin bisa lebih menggenjot penjualan motor matic mereka. ini bukan masalah dananya tapi bagaimana memasarkan motornya. kalau beralasan gak ada ada mobil/kendaraan lainnya untuk berkeliling kurang tepat, karena setiap dealer punya mobil untuk mengirim. kalau mampu beli mobil kenapa gak beli lagi untuk sales agar lebih leluasa memasarkan produk-produk yamaha agar lebih banyak yang lebih mengetahui tentang motor-motor yamaha? kalau bangun dealer besar bisa kenapa gak sekalian beli mobil pick up lebih banyak selain untuk kirim juga untuk pemasaran produknya? (soalnya dealer-dealer yamaha besar-besar disini) agar lebih efektif dalam meningkatkan penjualan. tak ada rotan akarpun jadi, kalaupun gak ada mobil ya naik sepeda bawa banner dan brosur juga gak masalah yang penting ada di mana-mana selain di dealer agar masyarakat lebih mengerti dan mengenal motor yamaha jadi gak hanya memandang kompetitornya saja yang sudah berkeliaran dimana-mana (soalnya kompetitornya juga begitu).

kenapa aku hanya menyebut matic saja? karena motor sport yamaha sudah laku keras, dan pendekatan pada publik beda antara motor sport dan motor untuk harian - kerja. kita tau yang beli motor sport bukan sekedar untuk transportasi saja tapi merupakan pasion, prestige/gengsi dan kegagahannya, jadi gak perlu terlalu gencar, bikers memilih berdararkan selera dan pasion sekali suka ya beli! mereka tidak terlalu mempermasalahkan harga soalnya karena sudah bisa beli motor sport berarti sudah cukup baik keuangannya jadi gak mikir panjang-panjang milih motor. beda dengan motor matic / bebek karena motor ini ditujukan untuk masyarakat / biker dengan butget pas-pasan. jadi mereka dengan dana pas-pasan harus mikir lebih keras untuk menentukan mana yang paling baik bagi mereka. jadi dibutuhkan pendekatan yang lebih dari sales untuk mendapatkan calon pembeli. jadi untuk mendapatkan calon pembeli harus melakukan dengan segala cara untuk mendapatkan calon pembeli (cara positif bukan cara yang tidak baik seperti melakukan BC) 

itulah beberapa faktor yang membuat yamaha melemah dari segi penjualannya, padahal produk-produk yamaha sebenarnya cukup baik dari segi desain, teknologi dan spesifikasi. bahkan ada yang lebih baik dari kompetitornya tapi dengan harga yang lebih murah tapi tidak serta merta menarik pembeli ya karena beberapa faktor dan salah satunya faktor yang aku sebutkan di atas. semoga yamaha membenahi beberapa faktor di atas yang bisa jadi penyebab kurangnya penjualan maticnya. ayo lekas berbena yamaha agar bisa kembali jaya melampaui rivalnya! salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

Note: yang aku bahas di atas adalah yamaha di dekat wilayahku, sidoarjo, surabaya & pandaan. kalau di daerah lain bisa jadi berbeda ^_^


No comments: