Sunday, June 21, 2015

Performa motor 100-125cc nyaris sama, apa untungnya beli yang 125cc?

aku sudah lama memakai motor 100-125cc dan tau betul performanya dari baru sampai sudah lama memakainya. nah ini yang bikin aku bertanya tanya pada diri sendiri sejak dulu tentang motor 125cc  yang ternyat performanya tidak lebih cepat dari motor 100-110cc. lalu aku pikir buat apa cc di gedein kalau performa sama saja? aku berpikir begitu karena termasuk bikers yang suka merasaan performa motor. walau begitu bukan berarti ugal-ugalan di jalan tapi lihat situasi dan kondisi baru test performa motornya. dahulu aku punya motor 125cc dan 100cc, saat aku yang memakai motor 125cc kebetulan lagi terburu-buru dan jalan sepi jadi aku gas pol ternyata ada yang ngikutin. eh itu ternyata motor 100cc. ya namanya di jalan kososng dan panjang tacap gas. lengah dikit kesalip tapi aku gak mau kalah, aku gas pol juga ternyata kecepatannya sama-sama mentok dan gak makin menjauh / mendekat. jadi aku simpulkan berarti performanya sama walau kubikasi berbeda. akselerasi dan top speed benar-benar sama rasanya.

kalau orang beralasan motor 125 lebih stabil aku bilang tidak juga! karena aku juga punya motor 100cc standar 100% buat kencang juga stabil. kalau kenyamanan? aku merasa hampir gak ada bedanya. jadi keunggulannya apa nih? percuma dong kalau performa, kenyamanan dan kestabilan motor sama tapi harga lebih mahal? modal cuma embel-embel 125cc dan model di bedain kemudian harganya dijual lebih mahal. apalagi beda 15-25cc gak ada artinya. yang bikin aneh lagi motor kubikasi sama mesin sama beda model eh ada yang lebih mahal, bahkan selisih 1-2juta. kenyamanan, performa dan kestabilan motor padahal sama! jadi bener-bener rugi nih? cuma permainan bisnis saja? setelah aku amati lebih jauh dan aku coba, ada dikit perbedaan ternyata. dari kualitas material body beda, yang 125cc lebih bagus bahannya. suspensinya juga lebih empuk kok, kerasat perbedaannya saat melibas jalan gak enak. jadi itu kelebihannya yang berkubikasi besar bahan lebih bagus dari yang seri dibawahnya jadi mungkin kalau di jalan gak enak baru kerasa perbedaanya.

perbedaan material body dan suspensi tapi performa, kenyamanan dan stabilitas motor nyaris sama tapi selisih harga lumayan jauh? pantas gak nih? menurutku masih pantas, soalnya partnya bagus berarti lebih awet lagi dan tentu lebih mahal. walau terlihat mahal kalau di hitung-hitung beli sendiri akan lebih mahal lagi. jadi walau terlihat lebih mahal tapi sebnarnya gak juga malah untung dapat part lebih bagus daripada ganti sendiri akan terhitung lebih mahal. apalagi body berbeda dan di desain lebih keren menjadi nilau jual juga selain part dan body yang lebih bagus. jadi perbedaanya antara 100-125cc di part dan body saja selain itu sama gak begitu banyak perbedaanya. walau begitu masih terhitung gak rugi karena juga ada nilai lebihnya yaitu desainnya yang dibuat lebih keren dari seri kubikasi yang lebih kecil. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: