Tuesday, July 16, 2019

Z800 gear 3 tembus 177km/h belum mentok

NB: click gambar untuk memperbesar gambar. 

Risdiken pernah bilang gear 3 tembus 170km/h belum mentok, eh ada kesempatan Risdiken coba lagi tembus 177km/h dan masih blum full rpmnya. Bung full rpm bisa 185km/h ya. Bro gak apa-apa nyiksa motor seperti itu dengan main rpm atas terus? Motor kencang sudah sewajarnya di gituin kan peruntukannya begitu. Tapi kalau terlalu sering juga gak baik sih, mesin bisa ada masalah bila terus terusan tapi itu terjadi bila olinya standar saja. Oli bagus/mahal gak jaminan juga sih, tergantung olinya, Risdiken ini pakai oli ajaib, karena itu walau rpm seperti gambar tapi mesin kerasa masih rileks.

Padahal oli mahal dan berkelas andalan pemoge sudah teriak banget bila rpm seperti itu bila di teruskan mesin bisa kena. Jadi main rpm tinggi tergantung oli juga, kalau bagus rpm mentok sekalipun mesin gak terlalu terganggu. Jadi pilihan yang tepat oli yang paling bisa memperhalus mesin karena itulah jenis oli yang bikin mesin tahan lama dan kuat di rpm tinggi, sedangkan kalau ke performa memang oke awal ganti, tapi kalau lama dikit gak enak pake banget, telat bikin mesin gak enak dan lebih cepet aus pada mesin dan panas.

Istilahnya makin tinggi rpmnya kan gesekan piston makin kencang, nah semakin kencang material piston bisa tergerus, tergantung olinya kuat sampai berapa daya tahannya. Biasanya di coba dengan daya tekanannya tinggi kemudian alat uji cobanya terlihat betapa banyak daya gesekannya. Makin besar ternyata perlindungan oli makin kurang dan material tergerus. Kalau yang bagus di tekan poool ternyata masih gak gerus materialnys berarti kan olinya hebat. Oli itu yang Risdiken pakai.

Oli ajaib Risdiken sebut biar gak promosi hehehe. Yang sering buka blog ini tau lah maksudku. Karena itu Z800 Risdiken jauh lebih rileks dari sebelumnya setelah ganti oli. Ealah malah bahas oli hehehe. Top speed gear 3 si Ride (Z800) lumayan ya, pasti 185 tembus nih. Gear 4-6 lari berapa ya wkwkwkwkwk. Jangan coba-coba ya sahabat sekalian bila gak tau Medan dan kurang waspada sangat berbahaya. Salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara! 

No comments: