Tuesday, July 9, 2019

Portal bukan pungli tapi kalau memalak itu kriminal


Oke bahas yang lagi rame lagi ya. Kali ini maraknya pungli di jalan tikus atau jalan alternatif biar gak macet oleh orang sekitar daerah yang jalannya di lewati. Anehnya di sana beda 180 derajat dari tempat Risdiken. Di sana nyari kesempatan, kadang berani pasang tarif. Syukur di kasi malah minta lebih. Itu pemalakan termasuk kriminal kan. Kalau sekedar mencegat minta seikhlasnya sih gak masalah. Biarpun kasi gak begitu banyak tapi yang lewat hanya dapat banyak kan akhirnya. Gak di kasi gak apa-apa namanya seikhlasnya. 

Sebagai gantinya si portal mengarahkan ke jalan yang benar biar gak kesasar lewat jalan alternatif. Di medsos kan malah minta belasan ribu bahkan ratusan ribu, gak di kasih ngancam pula. Asli bikin geleng-geleng. Padahal pernah di grebek eh masih rame lagi sekarang. Perlu grebek lagi kali ya oleh aparat. Di tempat Risdiken portal sangat bermanfaat malah, di saat lalu lintas mulai semrawut mereka bantu menata dengan imbalan seikhlasnya dan kadang ada yang gak kasi. Itu bila di jalan besar. 

Pas jalan utama macet juga ada portal di jalan desa seperti jalan tikus yang Risdiken bilang di atas. Sama-sama banyaknya gak kalah, tapi mereka yang di sini gak bringas seperti yang di medsos. Di kasi syukur gak di kasi gak apa-apa padahal tiap belokan ada portalnya, kalau mobil ngasih terus bisa 20rb tuh bila tiap portal paling gak Rp.1000. Tapi tentu gak begitu karena bukan malak, ada uang kasi, gak ada ya gak ada masalah. Malahan kalau jasa antar sampai lokasi jalan alternatif dan tembus tujuan juga pasang tarif. Walau bisa di katakan mahal juga tapi gak ngawur atau gila seperti di medsos sampai ratusan ribu. 

Asli memeras itu namanya. Dulu pas lapindo bocor atau gimana belum ada tol, jalan raya gak bisa lewat jadi lewat jalan tikus istilah jalan alternatif lewat desa-desa. Nah disitu selain portal daripada bayarin satu-satu dan tanya satu-satu, jasa antar sampaikan tujuan lebih praktis karena ngikutin bikers yang menerima jasa petunjuk arah sampai lokasi tujuan. Kalau pakai jasa bikers yang jadi guide itu gak perlu ngasi portal karena nantinya di kasi oleh bikers yang jadi petunjuk arah tadi. Ya berbagi, toh tarifnya memang mahal tapi gak mahal ngawur gila seperti di medsos. Di sana di hina dan di caci maki, disini di butuhkan malahan hehehe. Salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara! 

No comments: