Monday, July 22, 2019

2 opsi pemilik moge saat mau jual motornya



Pemilik moge memiliki 2 opsi bila ingin menjual mogenya. antara menjual dengan cepat tapi murah, atau jual sendiri lewat media online harga standard bahkan tinggi tapi santai/lumayan lama. sebenarnya mirip sih dengan motor kecil, tapi jelas lebih sulit menjual langsung daripada di jual cepat ke makelar/showroom moge. jual murah sama jual sendiri secara langsung bisa selisih puluhan juta. kita jual contoh Z900 ya. bila kita jual ke orang Rp.200 jutaan masih ngangkat, bisa laku, sedangkan di jual cepat ke showroom/makelar moge pasti minta di bawah 200 juaan.

paling tidak mereka menawar antara 170-180 jutaan. padahal part asesoris melimpah. butuh kesabaran, tapi bila laku kita gak terlalu rugi, cuma rugi asesoris saja paling-paling kalau jual sendiri. sabarnya karena namanya moge yang tanya banyak dan kemungkinan besar gak beli. cuma nanya saja, kita tetap harus sabar, soalnya dari semua itu tentu ada yang niat beli. nah kalau kita enak kan orangnya senang dan kemungkinan di beli lebih tinggi bila ketemu yang serius nyari motornya. asli bisa bikin frustasi tapi disinilah kita di uji.

contoh Risdiken, buyer langsung ke orangnya bukan makelar, harga standard sih, tapi dapat banyak. di tangan makelar harga bisa cukup tinggi. jadi orang yang seperti Risdiken ini bisa saja orang yang tanya-tanya dulu, kalau cocok pasti di beli walau 1 : 1000 tapi tetaplah sabar. jualan moge gak gampang hehehehe. karena itulah bila gak mendesak ya jual santai saja, motor pasaran lebih cepat laku/gak terlalu lama lakunya (contoh moge Kawasaki, R6, CBR600RR,CBR1000RR dll). apalagi Z800, seperti nasi goreng, seperti Risdiken bilang dulu, gak sampai seminggu langsung laku, dan berulang kali begitu.

walau banyak kena PHP terus akhirnya banyak kok yang ternyata benar-benar ada yang beli. jadi bila ingin jual dengan harga tinggi (standar pasaran) jual sendiri tapi harus sabar. kalau terburu-buru ya ke makelar saja langsung cair, tapi biasanya turun sampai 30 jutaan lo selilihnya dari harga jual sendiri tergantung motor juga dan bagaimana negosiasinya. Karena itu pula jangan heran terkadang showroom moge bekas harga miring, karena belinya juga murah.

Contoh moge Z800 pasaran 160-185 jutaan ada yang bisa dapat dengan harga 140 juta saja. Biasanya sih mereka yang gak ngerti mau jual yang mana dan pasaran berapa? Jadi makelar bisa beli dengan harga murah. Termasuk trik makelar untuk deal dengan harga murah sangat ampuh. Jadi sahabat sekalian bila jual moge akan ada opsi itu, silahkan tentukan yang mana pilihannya. Salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara! 

No comments: