Friday, January 9, 2015

Motor memakai kenalpot brong bikin motor tidak semakin gagah malah terlihat tidak berkelas

motor sport standard memang biasanya bunyinya biasa saja dan kurang garang jadi sebagian bikers menginginkan suaranya lebih kencang biar lebih keren dan oke akhirnya mereka menggunakan kenalpot brong (bukan kenalpot racing). menurutku bukannya menjadi enak suara motornya malah jadi super berisik menganggu orang dan motor jadi terlihat jadi murahan. beda ya kenalpot racing dan brong. kalau kenalpot racing memang suaranya juga kencang tapi gak terlalu kencang seperti kenalpot brong, suaranya lebih enak di denggar dan sesuai namanya kenalpot ini meningkatkan performa motor. sebrisik berisiknya kenalpot racing menurutku masih gak seberapa saat kedengaran di jalan jalan (motor 150cc kebawah) masi merdu, apalagi kalau motor 250cc 2 silinder ke atas suaranya bak motor balap yang memang keras dan dahyat, tapi di telinga kerasa kenalpot racing beneran bunyinya keras tapi masih enak terdengar di telinga dan motor memang terlihat lebih gagah dengan suaranya kenalpot racing ini. 

tidak hanya motor sport saja yang kadang memakai kenalpot brong, tapi semua jenis motor seperti bebek dan matic aku juga pernah melihatnya. saat lewat bener sih gak ganggu orangnya ke bikers lain tapi ya berisik nih terlalu berlebihan jadi tidak terlihat gagah malah kesan cheap kerasa jadinya. yang bikin sebel kadang sudah berisik suara cheapnya malah geber geber di jalan brisiknya minta ampun. alasan para bikers menggunakan kenalpot brong macem macem, ada yang karena ingin motornya gaya karena suaranya keras tapi sebenarnya jadi sama sekali gak gaya malah terlihat murahan. kedua ada yang ingin beli kenalpot racing tapi karena kenalpot racing terlalu mahal jadi beralih ke brong. biasanya hal ini sering di lakukan terutama memakai motor 250cc 2 silinder, bisa beli motor 250cc tapi kenalpotnya malah di kasi kenalpot brong biar suaranya keren. jujur kalau motor 250cc 2 silinder walau kenalpot brong memang masih terdengan enak (gak semuanya) tapi tentu suaranya akan sangat berbeda jiga di bandingan dengan suara kenalpot racing yang sesungguhnya. kalau kenalpot brong suara cheapnya masih kerasa gak semerdu kenalpot racing. di lihat mata kadang kita sulit membedakan tapi daris suara sudah pasti kita bisa menebak. yang suaranya seperti motor balap banget dan kerasnya gak sangat - sangat keras tapi masih enak di telinga. sedangkan brong keras banget super berisik suara murahnya kerasa bro. 

ya saranku kalau bisa jangan memakai kenalpot brong, di samping bikin berisik bikers dan pengguna jalan lain juga membuat motor jadi terlihat tidak berkelas dengan suaranya. apalagi sekarang beberapa daerah sudah melarang penggunaan kenalpot brong kalau ketangkap polisi biasanya di sita motornya dan baru bisa di ambil kalau bawa kenalpot standard dan di pasang di motornya di kantor polisi. bikers pemilik motor memang bebas mau ngapain aja pada motornya termasuk ganti kenalpot standar jadi kenalpot brong, tapi alangkah baiknya kita juga menghargai bikers lain dan pengguna jalan lainnya, dengan begitu kita bisa nyaman berkendara bersama-sama pengguna jalan lain di jalan tanpa ada polusi suara. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: