Monday, January 12, 2015

Motor 250cc jangan ladenin motor yang lebih kecil

Beberapa hari kemarin kurang lebih 1 minggu aku dengar berita kalau ada kecelakaan motor 250cc yaitu ninja 250cc. dari berita ayng aku abca di berbagai media, anehnya srtiap berita dari ebdia berbeda ceritanya jugaa da perbedaan. tapi aku tidak mempermasalahkan perbedaan beritanya. intinya itu motor ninja lawan vixion balapan di jalan raya dan akhirnya rider ninja jatuh dan meninggal di tempat. kalau vixionnya beritanya berbeda - beda, ada yang bilang gak jatuh langsung lari ada yang bilang sama sama jatuh tapi sempat bangun kemudian kabur. jadi mereka balapan di jalan senggolan dan jatuh sampai jatuh korban jiwa. ini buat pembelajaran bagi kita bersama sesama bikers tentang pentingnya keselamatan di jalan.

sebenarnya biasa motor 250cc di salip motor dengan power yang lebih rendah/kubikasi lebih kecil gak terima dan berusaha menyalip, soalnya di jalan jalan kadang begitu. alangkah baik dan bijaknya bila penunggang motor 250cc (bisa Ninja, R25 & Cbr 250) gak perlu meladeninya. lagipula kadang juga lawannya yang motor lebih kecil gak ada niat balap cuma karena terburu buru di anggap nantangin akhirnya terpancing rider penunggang 250cc nya dan karena bisa unggulin motor 250cc di jalan penunggang motor yang lebih kecil malah seneng malah di ladenin. memang motor 250cc dari segi mesin memang unggulan dari motor yang lebih kecil. adu lurus / jalan kosong bisa ngasapin lawan dengan motor lebih kecil dengan mudah dan meledeknya atau di bully, tapi jangan coba - coba lawan motor dengan kubikasi lebih kecil entah itu bebek, sport atau matic di jalan ramai. itu malah sebaliknya, motor 250cc bisa di asapin dengan mudah oleh motor yang lebih kecil.

alasannya simple motor 250cc bisa kalah telak dengan motor lebih kecil di jalan ramai, tentu karena lebih besar bodynya manuvernya gak sehebat motor yang lebih kecil karena lebih lincah di jalan ramai. gak perlu sport 150cc, motor matic 110cc aja bisa melibas motor 250cc jika di jalan yang ramai. memang motor 250cc bukannya gak bisa manuver, aku saja dulu nunggang cbr250 kalau sudah adrenalin rasanya kayak naik matic bisa slintang slintung, tapi tentu kalau jokinya sama sama lincah tetap motor yang lebih kecil menang di jalan yang ramai karena bisa memepet sana sini lebih ringan dan bisa masuk celah - celah anatra mobil/motor yang sempit sedangkan motor ukurannya yang lebih besar akan kesulitan dan bahkan gak bisa lewat cela jalan yang agak menyempit karena jelas gak cukup motornya kegedean. 

jadi jangan heran kalau sama - sama lihai naik motor kemudian motor yang lebih besar bisa kalah dengan motor yang lebih kecil di jalan yang ramai. di jalan gak begitu ramai atau sepi motor 250cc lawan motor yang lebih kecil tentu 250cc akan merajai tapi kalau sudah ramai motor kecil akan mempecundangi motor yang lebih besar. gesit dan lincah, motor 250cc akan keteteran bisa - bisa tertinggal jauh. slintang slintung sana - sini kalau motor yang besar dikit - dikit terhalangi kendaraan lain gak bisa slintang - slintung karena gak cukup masuk cela - cela jalan kalau motor yang kecil bebas masuk sana sini dan akhirnya ninggalin motor 250cc di belakangnya. 

buat sahabat bikers sekalian memang kalau kita membawa motor lebih besar di salip motor yang lebih kecil pasti kadang rasa emosi itu ada tapi jangan turutin emosi itu, karena kita tidak di sirkut tapi di jalan raya yang padat dan bisa meregang nyawa kapan saja jika membuat kesalahan di jalan. jadi menurtuku gak usah ladenin motor yang lebih kecil di jalan ramai, kita belum tentu menang walau dengan motor lebih besar karena di jalan ramai karena faktor kepadatan jalan dan juga memang gak baik balapan di jalan raya. biarlah motor yang lebih kecil slintang - slintung dan kadang sok di jalan. memang di jalan ramai mereka berkuasa, coba di jalan yang agak sepi atau pas kosong? mereka tentu gak berani berlagak kalau ada motor yang lebih besar, sadar diri karena jelas akan jadi bulan - bulanan kalau masih sok. begitu juga kalau kita bawa motor yang lebih besar, sadar diri di jalan ramai gak bakalan bisa begitu lincah, malah susah manuver gak usah ladenin deh kalau ada motor yang lebih kecil nyalip biar aman. bukan berarti sesama 250cc boleh balapan loh ya ^_^ 

buat bikers pemakai motor - motor yang bermesin kecil yang cepat dan lincah di jalan yang ramai juga sebaiknya jangan sembarangan di jalan raya sat mengendarai motor  karena memang jalan raya itu untuk orang lewat bukan untuk balapan. bairpun lincah dan cepat di jalan raya kalau ugal ugalan tentu resiko kecelakan akan tinggi jadi hindari ngebut ngebutan, balapan dan slinntang - slintung di jalan bisa mencelakakan diri kita sendiri dan juga kadang orang lain yang gak salah kena imbasnya juga. jangan sampai deh. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!


No comments: