Monday, January 5, 2015

Matic lawan Sport, matic pasti kalah?

Di mana mana orang berpikir matic gak bakalan bisa ngalain motor sport. dan memang itu kenyataanya. tapi sebenarnya gak sepenuhnya benar juga, tergantung motornya. karena jujur aku sendiri pernah mencobanya, aku memakai matic 125 dan lawanku sport. nah gak harus 150cc sportnya. ceritanya saat aku pulang service motorku tapi service biasa bukan di modif biar kenceng atau di buat macem macem, aku berpapasan dengan anak SMA yang blagu memakai motor Byson. memang sih dia berboncengan dan aku sendirian kemudian aku tentu gak ada niat berbalapan, cuma karena aku terburu buru saja eh ternyata si anak SMA itu kayaknya gak terima dia berusaha nyalip, ya aku biasa saja sih kan gak ada niat apa apa tapi karena kesempatan aku secara tak sengaja menyalipnya tapi dia gak terima, dari situ aku tau gelagatnya ternyata dia gak mau di salip matic hehehehehe aku cuma meringis dalam hati dan iseng aku coba gas pol maticku karena baru di service performanya prima eh dia kesalip padahal sudah gas pol dianya. sepertinya dia emosi karena kesalip sampai ada chance dia berusaha menyalip lagi, tapi lagi lagi aku gas pol dia kesalip lagi dan akhirnya lampu merah dia sampe geleng geleng ^^ kayaknya dia gak percaya kalau kalah tapi itu kenyataan. apalagi dia berboncengan otomatis dia kelebihan beban juga.

kemudian sama saat aku memakai matic lagi dengan motor yang sama, aku melihat pulsar 135 merah di depanku. jujur aku memang iseng sih aku pikir sudah jelas kalah aku, ini orang sendirian tidak berboncengan pula jadi pasti kencang banget. jadi aku salip saja gas poool hehehe dia gak terima juga ternyata dari cara mengemudinya dia sudah maksimal kayaknya. apalagi aku sudah gas pool sudah naik 100km lebih eh dia masi ngekor, kalau gak mau ngeladenin gak mungkin dia ngejar dan kalaupun dia lebih kencang gak mungkin ngekor pasti langsung nyalip soalnya memang kadang sport gak terima di salip bebek sama matick ^_^ tapi aku juga terkejut pulsar 135 itu tersalip matic 125cc punyaku gas pool dia gak bisa ngejar sedikit demi sedikit tertinggal, dia kayaknya emosi banget. maklum jalan yang aku lewati super panjang. setelah rel tanggulangin menuju arah porong itu jalan sangat panjang entah sekitar 1,5KM kurang lebih. nah saat adu kencang tadi ada mobil nyebrang, dari jauh aku kurangi speed jadi agak mendadak karena dalam kecepatan tinggi turunnya pelan pelan begitu juga dengan pulsar di belakangku. lalu kemudian saat aku mau gas lagi dia sudah nyelonong ke depan dan aku kejar ya gak sampai hehehehe jalannya keburu gak enak benjol benjol pulsarnya sudah menjauh dan aku pelan pelan. 

pengalaman berikutnya adu betot dengan old vixion, ternyata old vixion (mungkin gak fit kondisi motornya entah karena kurang perawatan atau apa) kesalip dan tertinggal tapi saat uda top speed motorku, si vixion pastinya bisa nyalip dengan mudah tapi akselerasinya kalah old vixionnya. kemudian dengan megapro juga pernah, old megapro sama sama oldnya hehehe tapi kayaknya motornya lumayan itu karena dari bodynya saja masih bagus terawat. ya adu betot di jalan yang sama saat dengan pulsar tadi ya sebenarnya nyaris nyalip tapi keburu jalan di depan ramai dan akhirnya pelan ^^ yang terkahir dengan bison lagi nih. saat aku sendirian ke pantai serang blitar. di jalan ke blitar tapi sudah keluar arah malang aku lewat dengan ngenbut tapi tentu lihat situasi kalau gak memungkinkan tentu aku gak bakal berani. karena aman aku percepat, dan sempat naik turun jalan dan kecepatannya. karena ada mobil lewat pelan pelan. dari belakang muncul motor byson, keisenganku timbul kembali aku coba adu akselerasi dengan motor itu saat dia kencang aku kejar terus dia pasti tau kalau aku berusaha mengejar makanya dia gas pol juga. sama sama sendirian di jalan lurus percaya gak percaya si byson tersalip dan dia tentu gak terima akhirnya dia ngekor terus tapi tertinggal, kemudian sempat pelan ada mobil di depan kemudian aku adu betot lagi setelah nyalip. 

karena aku kasi premium saat itu power maticku gak maksimal jadi si byson menyalip lagi karena kalah akselerasi tapi saat sudah menyentuh kecepatan di atas 90 km aku perlahan menyalip dan si byson tersalip lagi. aku ngerti banget dia gak terima karena dia sudah gas penuh tapi gak bisa menyalip dan di jalan lurus itu terlihat bus mau makan jalan sehingga aku kurangi speednya, karena rider byson tadi sedang panas aku di salipnya dengan cepat tanpa memperhatikan jalan sehingga bus makan jalan tadi mau menghantam byson tadi. untungnya rem byson pakem dan busnya juga belum terlalu cepat jadi tabrakan terhindarkan. si rider byson sangat panas sekali dan marah sampai sampai dia mengepalkan tangan dengan jari tengah berdiri ke supir bis tadi kemudian dia ngacir gas pool kembali aku santai saja karena sudah mulai rame jalannya.

jujur saja aku memang penggila speed dan kadang suka ngebut di jalan itu bahaya dan gak sebanding dengan kepuasan sesaat dengan resikonya yang besar. tapi memang namanya manusia rasanya kadang kesetanan dan tancap gas jadinya. jujur setelah itu aku jadi khilaf dan menyesalinya dan berharap tidak mengulangi lagi. apalagi di atas motor 250cc kalau sudah adrenalin terpacu, bukan karena tersalip atau apa saat itu gak ada lawan soalnya pikiran lagi kayak gimana gitu pengen cepat saja, aku slintang slintung di jalan kayak naik matic padahal itu motor 250cc yang tentunya besar dan berat gak seperti matic yang ringan. tapi karena adrenalin rasanya motor enteng bak naik bebek atau matic. tapi aku sudah tidak seperti itu sekarang. aku memang masih suka kencang tapi aku mikir berkali kali bener - bener lebih hati hati dan lihat situasi sebelum gas pol. itulah kisahku saat mengendarai matic dan nyalip sport hehehe. mugnkin bisa jadi motor - motor sport yang aku salip tapi di isi premium jadi performanya kurang optimal atau alasan lain jadi bisa kesalip atau bisa juga memang sudah mentok segitu entahlah. dan motor yang aku pake bukan matic 125cc yang terkencang. bayangin memakain matic yang terkencang di kelasnya pasti lebih ngacir lagi hehehehe. sebagai bikers aku cuma bisa bilang santai saja bro di jalan kalau pengen ngebut namanya motor bisa kencang bukannya melarang tapi lihat situasi dan kondisi. kencang dan tidaknya aku sendiri sesuaikan dengan situasi jalan. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: