Friday, January 2, 2015

Motor India tidak kalah tangguh dengan motor Jepang

Di Indonesia motor motor India sudah tidak asing lagi karena sudah beberapa tahun motor india beredar di sini dan penggunanya semakin lama semakin banyak walau gak begitu signifikan. sebenarnya banyak kendala yang membuat penjualan motor India di sini agak susah. pertama banyak masyarakat mengira motor india sekelas dengan motor china, padahal menurutku berbeda. dari segi desain saja motor india tidak meniru motor motor jepang di sini, beda dengan motor china yang biasanya meniru model motor jepang yang terkenal. dari segi keawetan mesin motor india juga gak kalah dengan motor jepang sebenarnya. contohnya ketua RT di rumahku memiliki motor bebek TVS, dari pertama beli sampai sekarang buktinya gak rewel sama kayak motor jepang lainnya padahal itu motor india. dari segi desain motor india original dan oke tidak meniru niru dan juga ketahanan mesin juga gak kalah sama motor jepang. lalu apa yang membuat motor india kalah bersaing dengan motor jepang?

pertama dari segi branding, jadi kalah merk dan ke dua paling penting jangkauan service resminya yang masih sedikit. kalau masalah service sebenarnya masih bisa di maklumi karena dari segi penjualan memang tidak terlalu banyak jadi mau buka service yang lebih luas jadi susah. tapi walaupun begitu sebenarnya motor india di indonesia bisa bertahan dan bisa berkempetisi dengan motor jepang. contohnya saja TVS walau dari dulu sampai sekarang penjualannya gak terlalu banyak tapi karena masih dapat untung walau sedikit mereka masih bertahan. sampai sekarangpun TVS masih ada dan tetap eksis dan pantang menyerah. salut dengan motor india yang ini. jadi semakin lama semakin berkembang cuman mereka sabar dan pantang menyerah membuatnya bisa bertahan sampai sekarang menuju kesuksesan. 

tapi tidak semua motor india bertahan di sini. contohnya motor bajaj, sebenarnya bajaj pulsar mulai banyak peminatnya dan semakin lama semakin bertambah, karena kualitasnya bagus dan sparepartnya murah. jadi kalau beli motor sport jepang masih mahal kalau bajaj sudah terjangkau dengan kualitas gak kalah bagus dan speednya juga oke membuatnya di lirik banyak bikers indonesia. di tengah perjalanan berkembangnya bajaj pulsar di sini mereka ternyata mundur dari dunia roda dua di indonesia, hal ini membuat fans bajaj jadi kecewa dan banyak yang menyayangkan. padahal kalau mereka terus bertahan sebenarnya bisa semakin berkembang. tapi perusahaan memilih mundur daripada terus merugi sehingga gak sedikit bikers yang jadi takut untuk beli motor india terutama bajaj karena hal ini. padahal gak semua motor india begitu. buktinya TVS sampai sekarang masih bertahan. walau sparepart sudah di percayakan ke bengkel atau toko sparepart yang di tunjuk bajaj tetap saja bikers pemilik motor  bajaj kurang puas karena di tinggalin dan mereka jadi tersakiti.

akhirnya beberapa waktu lalu ada kabar kalau bajaj mau kembali ke indonesia, ini merupakan kabar baik bagi bikers pengguna motor bajaj dan bikers lain yang suka dengan motor bajaj ini. apalagi kabarnya produk bajaj yang semula di jual di kawasaki yaitu pulsar 200ns akan mereka jual sendiri di dealer mereka tidak di kawasaki membuat fans bajaj bisa lega, karena di kawasaki pelayanannya mungkin tidak bisa maksimal karena menangani ninja saja terkadang kualahan mekaniknya apalagi dengan tambahan bajaj. jadi kalau memang benar mau di jual di dealer bajaj sendiri nanti saat kembali bisa melegakan bikers yang hendak memilih pulsa 200ns di negri ini. walau tersakiti dan bisa jadi jadi trauma bikers indonesia kepada motor india terutama bajaj tapi kehadiran bajaj harus di apresiasi karena bisa membangkitkan kembali semangat riders motor bajaj dan dengan di jualnya pulsa200ns di dealer sendiri bikers pulsar jadi tenang. apalagi kabarnya pulsar 200ss mau di jual di sini wah pasti mantap ini. 

jadi sebenarnya dari segi kualitas dan keawetan mesin motor india gak kalah dengan motor jepang. apalagi speednya bisa di bilang oke untuk motor dengan harga terjangkau. di tambah dengan fitur fitur lain yang gak ada di motor jepang seperti bisa merekam top speed di speedo meter (motor TVS) membuat motor india gak bisa di agnggap remah dan patut di acungin jempol dengan berbagai kelebihannya. masalah dari segi servicenya gak sebanyak motor jepang dan seperti yang aku katakan tadi dapat di maklumi karena memang pasarnya masih belum sebesar motor jepang dan kalah dari segi branding saja membuat membuatnya agak susah bersaing dengan motor jepang. walau dengan gempuran banyak motor jepang, motor india bisa bertahan di teruskan saja walau sedikit demi sedikit lama lama brand itu jadi kuat dan peminatpun bertambah kemudian bisa tumbuh makin besar pasarnya. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!


No comments: