Friday, March 22, 2019

Ban tubeless vs ban konvensional



Ban tubeless kini jadi ban wajib pabrikan motor. Motor paling murah sekalipun pakai tubeless. Dan penjual ban juga sudah menjamur yang jual ban tubeless. Walau gitu ban konvensional atau ban biasa yang gak tubeless masih banyak dan bertahan. Bahkan ada lho baru beli motor langsung bannya di kasi ban dalam. Beli di toko ban yang menjamur (tau lah ya hehehe) kan kebanyakan tubeless, jadi terpaksa beli ban tubeless ya di kasi ban dalam juga. 

Kenapa orang seperti ini ngeyel bener dan gak mau di bikin lebih praktis? Biasanya dari mulut ke mulut menyebarkan berita gak bener seakan-akan ban tubeless gak ada bagus-bagusnya. Ya nanti ini itulah, dan sejuta alasan lainnya yang cuma hoax belaka. Biasanya kan orang denger berita yang pertama yang masuk di hati seseorang dan paling di terima, lah kebetulan berita hoax ya jadinya itu orang percaya dan gak mau berubah. Padahal tubeless punya banyak kelebihan :

1. Kena paku gak di cabut gak langsung kempes, jadi bila kena paku bisa jalan sampai ke tukang tambal ban.

2. Bisa di isi cairan anti bocor. Kena paku tinggal cabut langsung nutup lagi tanpa tambal ban. Memang kadang ada yang gak fungsi atau gak bekerja sih (pengalaman pribadi), tapi gak semuanya. Bisa tergantung merknya.

3. Ban sudah terlalu parah untuk di tambal gak perlu pusing, di kasi ban dalam sudah jadi ban biasa, beres kan.

Ya memang ada kekurangannya sih seperti saat kena paku pas apes di tambal malah melebar ya terpaksa kasi ban dalam jadi ban biasa seperti Risdiken alami. Dan ban biasa tentu ada kelebihannya juga tapi ya secara keseluruhan lebih baik yang tubeless karena praktis dan beberapa kelebihan seperti aku tulis di atas. Jadi gak ada alasan motor keluaran baru pakai ban biasa. Kecuali yang lama seperti velg jari-jari biasanya gak tubeless. Sahabat sekalian lebih suka mana, Tubeless atau biasa roda motornya? Salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: