Tuesday, September 15, 2015

Yamaha kurang serius garap motor sport kelas 250cc?

Kita tau sang tsunami R25 telah surut, begitu surut tak bisa naik kembali. kenapa hal itu bisa terjadi? ya tentu bukan karena nama besar Ninja saja tapi banyak alasan-alasan lain yang membikin penjualan R25 masih di bawa ninja walau tak seburuk CBR250R. begitu juga dengan MT-25 si saudara R25. memang secara harga kompetif tapi itu saja tidak cukup untuk menarik minat banyak bikers, desain seharusnya dibikin lebih oke lagi. kenapa yamaha agak kesulitan menarik minat bikers pada motornya kelas 250cc? padahal yang 150cc laku keras dan laris manis. setelah aku amat-amati ternyata ada beberapa kekurangan pada motor 250cc mereka yang menyebabkan jadi seperti sekarang ini. apa saja itu? pasti sudah banyak bikers yang tau, aku mungkin cuma menulis ulang dan menambahkan sesuai pemikiranku. 

1. kualitas body motor : saat baru rilis dulu banyak yang berkomentar kalau beberapa part body kualitasnya kurang bagus, awalnya aku kurang sependapat tapi aku sendiri kan punya ini motor setelah aku amat-amati memang sepertinya masih lebih bagus Vixion dan R15. 

2. lampu sein yang kurang bagus : sahabat bikers bisa lihat sendiri Vixion, R15 & Jupiter MX King memakai lampu sein yang sama, itu gak masalah yang penting keren. sekarang anda coba lihat sein R25/MT25 gimana? persis seperti old vixion dan byson karbu. gimana ini, masa motor yang lebih berkelas tapi seinnya kalah bagus sama adik-adiknya?

3. Corak warna motor kurang menarik : ya dari first impresion aku melihat R25 ini warnanya kurang bagus bagiku dan mungkin banyak bikers perbendapat begitu. saat pameran di surabaya aku memang terpukau pada R25 ini pas melihat secara langsung, tapi setelah memiliki dan di amat-amati corak warnanya kurang bagus menurutku terutama warna biru (non ABS, kalau yang ABS benar-benar keren corak warnanya). untuk warna merah dan hitam masih lumayan lah tapi biru non ABS waduh kurang sip nih walau memang masih keren. lucunya corak yang sama ada pada vixion malah lebih cocok vixion yang memakai. sepertinya masalah pada warna ini karena terlalu banyak warna putih jadi di lihat kurang asik.

4. Tanki : R25 & MT25 menggunakan tanki bahan bakar yang di tutupin dengan cover tanki sering di sebut kondom pula. bagiku ini gak masalah yang penting motor terlihat keren, namu tidak bagi sebagian bikers lainnya. banyak yang menyayangkan motor kelas di atas Vixion dan R15 tapi tankinya masih memakai cover/kondom. jadi kesannya urusan tanki masih lebih bagus kelas di bawahnya (150cc). satu lagi mengenai tankinya, yaitu kurng gambot/besar untuk ukuran motor 250cc. tapi kalau di amat-amati sebenarnya bagus secara desain keseluruhan tapi tetap saja tankinya terlihat kecil jadi sebagian bikers gak menyukainya.

5. Suspensi : suspensinya sudah monocross tapi tanpa link. entah apa yang dipikirkan yamaha masalah suspensi ini, padahal kelas di bawahnya Vixion & R15 sudah ada link di suspensinya  kenapa di kelas di atas malah tidak? kompetitornya saja semua sudah ada linknya. memang ini teknologi yamaha terbaru tanpa link sudah bikin motor nyaman dan bukan downgrade (aku sudah buktikan sendiri) tapi di mata biker pada umumnya ini motor prestige, kalau ada yang kurang daripada kompetitornya bikin bikers mikir-mikir juga untuk memilih motor 250 besutan yamaha ini. walau gak perlu teknologi terbaru cukup kasi monocros link sepeti adik-adiknya pasti bakal gak dipermasalahkan bikers.

6. gak ada pegangan untuk seret kesamping : ini yang sering aku bahas berkali kali. susah motor 250cc gak ada pegangan buat nyeret bagian belakang motor untuk berbelok sangat menyusahkan. jadi harus menyeret pijakan kaki bagian belakang untuk yang dibonceng agar bisa berbelok. hal ini sangat menyusahkan sekali. di kompetitor ada malah yamaha belum ada (khusus R25 kalau MT25 sudah bertanduk mungkin bisa buat menyeret). 

7. Rangka / Frame terkesan downgrade : ini yang bikin paling pusing dan tercengan para bikers selain suspensi monocross non link yaitu rangkanya. ini rangka memang oke, di CBR dulu aku memakainya gak masalah tapi kalau di aplikasikan ke R25 terkesan downgrade rangka/framenya karena lagi lagi kalah sama adik-adiknya kelas 150cc sudah memakai deltabox. ini sangat vital sekali sebenarnya, jangan bilang biar murah, ini motor lokal seperti Vixion! Vixion saja spesifikasi partnya bagus tapi tetap kometitif seharusnya juga begitu pada R25 & MT25.

8. Harga (tidak berlaku untuk MT25) : ini juga sangat vital banget. bahkan merupakan kunci kesuksesan R25. kita bayangkan saja produk lokal dengan CBU selisih gak terlalu banyak padahal urusan part spesifikasinya jauh lebih bagus yang CBU (Ninja 250FI). melihat itu bikers mikir 1000x untuk beli yang lokal yaitu R25 jadinya. nah kenapa kalau lokal begitu gak dibandrol kompetitif seperti si Vixion? (vixion lebih kompetitif dari old CB150) kalau harga kompetitif sperti Vixion pasti penjualan R25 jauh lebih banyak dari sekarang walau ada beberapa kekurangan yang aku tulis di atas. jadi ini sangat sangat fatal. untungnya pada generasi naked bikenya sudah gak terlalau mahal (MT-25) tapi jadinya terkesan berat sebelah.

9. Desain : desain R25 gak jelek makanya aku memilih R25. dari belakang oke, keren lampu belakangnya. dari depan ya oke juga not bad (tidak terlalu bagus) dari samping juga kelihatan lekukan musclenya jadi kelihatan keren banget (jika dilihat dari lawan arah standard samping, kalau sebaliknya arah melihatnya malah terlihat kurang bagus). jadi ini desain sudah bagus dan keren tapi secara keseluruhan jika di lihat-lihat desain Ninja Fi masih lebih bagus dan lebih gambot. untuk MT 25 sudah bagus cuma headlampnya yang sangat-sangat tidak cocok menurutku. jadi seharusnya dibikin lebih keren headlampnya. gen MT series jadi kurang terlihat gara-gara headlamp tadi padahal desain si adiknya katakanlah si Vixion & Byson memiliki ciri khas tersendiri. selain headlamp tankinya seharusnya dibikin lebih keren lagi agar aura MT lebih kerasa seperti si adik MT125 yang sangat kental aura MT Seriesnya. 

kekurangan-kekurangan diatas membuat bikers agak keder untuk memiliki motor sport 250cc dari yamaha ini, padahal menurut pengamatanku sebenarnya yamaha punya potensi besar kalau saja dimaksimalkan. bagaimana tidak, kita lihat saja Vixion dengan mesin SOHC saja sudah bisa menarik bikers apalagi yang kelas 250cc seharusnya lebih memukau tapi kenyataannya sebaliknya. dari segi tanki vixion sudah gambot untuk ukuran 150cc, sein juga keren, rangka deltabox & suspensi monocros link. part-part yang aku sebut yang ada di vixion gak ada di R25 & MT25 padahal dengan part-part itu vixion sangat kompetitif harganya mengapa yang 250cc gak ada part yang sekan wajib buat bikers itu malah gak ada? 

kalau masalah harga tentu gak bisa di benarkan karena vixion seperti sekarang ini harga terjangkau, kenapa yang 250 tidak? apa semahal itu mesin 2 silinder sehingga ada part yang dibikin biasa saja agar tertutupi biayanya yang mahal? menurutku tidak, karena mereka bisa bikin motor seperti vixion tapi kompetitif seharusnya sangat bisa di kelas yang lebuh atasnya. ini aneh sekali kenapa yamaha malah seperti ini? kurang serius nih main di kelas 250cc? ayo yamaha harus makin serius menggarap segment motor sport dan teruslah berbenah agar semakin didepan! salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!


No comments: