Sunday, September 13, 2015

anak belum cukup umur naik motor, mending jangan dulu deh bro


Jaman sekarang memang sudah biasa anak-anak naik motor, walau belum saatnya tapi banyak orang tua membiarkan anaknya memakai motor. memang gak harus nunggu usia 17 tahun untuk naik motor tapi ya jangan terlalu sedikit umurnya. walaupun sudah lancar sekalipun belum tentu aman. orang dewasa saja sering kecelakaan apalagi anak-anak yang kurang ngerti haluan malah melenggang bebas di jalan, sangat berbahaya. gak jauh-jauh saudara atau tetanggaku saja juga ada anaknya yang masih belum cukup umur sudah di kasi motor buat kesekolah. entah mereka merasa bangga anaknya bisa naik motor sendiri atau gimana aku gak tau tapi menurutku mereka sama saja menjerumuskan anaknya dalam bahaya.

kalau bisa memang jangan bolehin anak nyetir motor dahulu sebelum waktunya, kalau benar-benar terpaksa ya mau gimana lagi di lakukan saja tapi harus si anak benar-benar di ajarin menggunakan motor dengan haluan yang benar dan extra hati-hati itupun kalau bisa jangan sampai lewat jalan raya jadi tetap naik motor buat sekolah saja. kalau sekolahnya lewat/nyebrang jalan raya mending jangan deh terlalu berbahaya! soalnya sudah banyak korban anak-anak yang tewas seketika di jalan akibat kurang pengalaman dan pengetahuan mengendarai dengan benar, atau pemikirannya belum cukup dewasa jadi suka se'enaknya saat menggunakan jalan raya.

sedikit saja contoh dan semoga tidak terulang lagi. beberapa minggu lalu di japanan seorang anak SMP berboncengan 3 dengan temannya menyebrang di jalan raya yang ramai, nah si anak ini kurang hati-hati jadi menyebrang sembarangan padahal masih terlalu padat dan sempit tapi di lewati saja akibatnya tersenggol kendaraan dan terlindas truk di belakangnya. kalau tidak salah 1 tewas, 1 remuk kakinya yang 1 lagi selamat tapi kayak shock melihat temannya kecelakaan. kemudian di mojokerto yang masih belum terlalu lama juga seorang anak SMP lagi nih menaiki ninja mengebut di jalan. 

karna terlalu cepat tidak bisa menguasai motornya sehingga menyerempet pengendara lain dan akibatnya si pengendara lain itu jatuh dan lagi-lagi musuh biker (truck) melindasnya. si korban meninggal di tempat sedangkan si bocah tadi di amankan polisi beserta sopir truck yang gak sengaja menabraknya (sumber : beritajatim.com) contoh di atas cuma sedikit dari banyaknya korban kecelakaan karena anak-anak yang belum benar-benar bisa, belum waktunya & belum mengerti haluan dengan benar sudah di kasi motor. 

kalau sudah kejadian begitu bangga ya orang tuanya? (niru gaya mas ipan hehehehe) jadi mari kecelakaan yang terjadi melibatkan anak-anak buat renungan orang tua agar lebih berhati-hati dalam mengijinkan anak mengendarai motor. kalau bisa sih jangan dulu, tapi kalau terpaksa banget ya itu tadi harus benar-benar di ajarin secara mendetail mengenai haluan saat mengendarai motor, selalu hati-hati di jalan dan harus benar-benar lancar naik motornya. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!


No comments: