Tuesday, September 22, 2015

Yamaha dapat merubah image inferior mesin SOHC dan itu harus di maksimalkan

Vixion, siapa sih yang gak tau sport 150cc andalan yamaha ini? pasti sudah tau. dan mesinnya sudah jelas SOHC 5 speed. walaupun begitu jangan anggap remeh karena powernya beda-beda tipis dengan kompetitornya, apalagi ban si vixion ini lebih besar dan gagah (sebelum CB150 generasi kedua rilis). jadi image SOHC yang inferior dari DOHC berkurang drastis setelah di test beberapa tabloid otomotif ternyata selisih power di hitung-hitung gak sampai 2 hp. dan akselerasi beda tipis. kalau sudah begitu kan tinggal ridernya aja mana yang lebih lihai. apalagi di ajang balap Jupiter MX King mengalahkan Sonic & Satria F, hal ini membuat bikers makin tidak terlalu peduli walaupun sebenarnya beda antara motor balap dengan standar.

nah kalau sudah bagus image SOHC tapi superior karena bisa nempel powernya dengan kompetitonya yang DOHC harus di maksimalkan lagi! kalau lengah siap-siap saja kena lahap raksasa honda karena honda sudah mulai all out di segment sport 150cc. R15 saja mulai terlampaui CBR150 jadi ini harus jadi pelajaran untuk yamaha agar lebih berhati-hati dan lebih serius dalam garap motor sport 150cc. gimana cara memaksimalkannya lagi? memang secara mesin kalah anatara DOHC dan SOHC tapi karena diracik dengan benar jadinya bisa max. lalu apa bisa di tingkatkan lagi? ya bisa, modifikasi kan gak terbatas selalu ada terobosan inovatif yang mendongkrak power, apalagi pabrikan besar seperti yamaha pastinya lebih bisa meracik mesin SOHC tapi powernya max.

contohnya begini, ini motor SOHC 5 speed saja bisa nempel dikit dengan DOHC 6 speed, kalaua dibikin 6 speed gimana? pastinya kan juga ngefek walau gak terlalu signifikan jadi lebih maksimal. itu juga harus di tambah dengan settingan motor agar lebih max sehingga power dan tenaga akan lebih optimal lagi. selain pada mesin lini sport yamaha juga harus oke desainnya. memang selama ini yamaha sudah oke meracik sport 150cc tapi sebenarnya bisa di maksimalkan lagi. contoh gini, seperti yang aku tulis tadi CBR150 kan sudah melampaui R15 penjuannya. sebenarnya hal itu gak perlu terjadi kalau saja desain R15 diracik lebih oke lagi. yang sekarang sih sudah oke tapi kalau bisa lebih keren kenapa tidak?

gak jauh-jauh pakai saja bodynya R125 di R15 pasti sampai sekarang gak bakalan terlampaui CBR150, berhubung tidak begitu ya jadi seperti sekarang ini. kalau ada yang bilang aneh R125 jadi R15 & kurang kreatif memang iya, tapi pasar yang berbicara bukan pabrikan. kalau lebih laku kenapa tidak? bukannya CBR 150 & 125 (generasi single headlamp thailand) bodynya juga sama cuma beda kubikasi saja dan disini gak dipasarin yang 125 jadi gak banyak yang tau. soalnya mesin itu no. 2 yang penting body oke pasti suka walaupun mesin powernya biasa saja. kalau bikers sini cuma peduli performa bakalan CB150 yang lebih laku, faktanya? Vixion lebih laku, jadi ini membuktikan desain body motor juga harus di maksimalkan juga gak hanya mesin doang. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: