Friday, September 25, 2015

Udara di indonesia makin lama makin kotor

Aku sering sekali saat di jalan melihat ke arah gunung arjuna. dahulu saat aku memandang gunung arjuna dan gunung di sebelahnya selalu terlihat jelas seperti pada gambar (gambar diambil pagi hari). namu beberapa tahun terakhir sangat susah menjumpai keadaan terlihat jelas saat memandang kesana. sering kali mulai buram padahal aku melihat di tempat yang sama. aku berpikir bisa jadi memang udara semakin lama semakin kotor jadi tidak bersih. jarak pnadangpun jadi berkurang.

nah coba anda lihat gambar yang di atas ini. di ambil pada tahun yang sama tapi sudah tidak begitu jelas gunungnya. ini bukan karena ambil gambarnya siang sedangkan yang pertama pagi tapi memang udara sudah berubah, kalau anda kurang percaya coba lihat gambar di bawah ini

gunung arjuna terlihat lebih jelas lagi. diambil siang hari tahun 2013 jadi sekitar 2 tahun lalu sudah beda banget jarak pandangnya dengan yang sekarang (sama-sama musim kemarau). gambar di tengah kebetulan masih terlihat gunungnya walau tidak terlalu jelas itupun dalam keadaan yang paling bagus udaranya jadi aku foto masih ada, hari biasa nyaris gak kelihatan sama sekali jadi gak aku foto. kalau musim hujan sih sering tapi gak setiap hari. padahal dahulu hampir setiap hari bisa terlihat dengan jelas gunung arjuna dan gunung sebelahnya. semoga gak bertambah parah nih. mari jaga alam kita bersama-sama agar tetap bersih dan indah.

No comments: