Saturday, August 29, 2015

modifikasi mesin motor : kemungkinan tak terbayangkan. modif tanpa bore up, R25 saja bisa tembus 54HP

seperti ulasan 2 hari lali aku mengobrol dengan saudara mengenai modif motor. aku bercerita kalau temanku si Fajar berhasil memodif motornya Byson bisa lawan Ninja 250fi. tapi dia memang akselerasi saat mencapai top speed kalau sudah mentok agak lama bisa kesalip ninja lagi. wah hebat ini, bisyon bisa ngasapin ninja 250cc. si fajar temanku menjelaskan kalau motornya habis di bore up/stroke jadi 200cc dan beberapa part di ganti dengan part lain kemudian di setting ulang hasilnya bisa seperti itu. ban ukuran motor 250cc soalnya belakang mencapai ukuran 140/70-17. kemudian si Bro A saudaraku bilang itu biasa.

wah, byson bisa ngalahin ninja dia bilang biasa! lalu dia menjelaskan kalau masalah top speed/akselerasi itu gak selalu terpaku pada kubikasi motornya. sebenarnya bisa saja menang lawan ninja atau motor 250cc lainnya walau memakai bebek sekalipun kalau bisa utek-utek mesinnya tanpa bore up. dia bercerita kalau di bengkel spesial modif mesin yang bisa bikin mesin kayak gimana aja ada sebuah motor jupiter z lama. dan itu pemilik bengkel bilang kalau itu jupiter yang agak usang jangan di anggap remeh karena bisa lari 180km/h. Bro A sempat gak percaya, lalu si pemilik bengkel menyuru mencobanya kalau gak percaya. berhubung Bro A gak brani ya dia geleng-geleng saja.

bengkel itu bisa setting mesin motor minta kayak gimana saja, bahkan rubah mesin motor biasa jadi multi silinder segaris atau V-Twin pun bisa asal ada dana cukup untuk pembiayan modifnya. aku iseng tanya sama dia, apa bisa nih Revo jadulku yang sudah tua ini jadi V-Twin Bro? dia menjawab bisa, kalau ada dana kesini saja aku antar. ntar mau dibikin V-Twin 200cc jadi tiap silinder 100cc? aku menjawab iya kapan-kapan saja kalau ada duit hehehehe. 

lah kalau motor kelas 110-150cc saja bisa lari kira-kira 180km bro, kalau ini motor R25ku aku modif bisa lari berapa nih? (sambil ketawa.). ntar aku kasi tau jawabnya. lalu dia membawa sobekan kertas dan ditunjukan ke aku. what!! R25 bisa naik powernya sampai 50% O_O tanpa bore up. wih kok bisa nih, di apain? kalau gini sih bisa ngalahin Ninja 300 & R3 dengan mudah. lah Ninja 300 cuma 39HP, sedangkan R3 42HP saja kalau R25 modifan tadi tembus 54 HP. naik 18HP tanpa bore up dahsyat beneran ini. 

setelah aku baca dengan seksama ternyata melakukan beberapa ubahan pada klep, kompresi bahan bakar, ganti ECU dan lainnya. intinya gak sampai bore up ini motor bisa naik power 18HP, dari 36HP di brosur jadi 54HP di dynotest. kenaikan power yang sangat signifikan dan tentunya sangat jooss. gak cuma itu, aku lihat sobekan kertas itu yang ternyata tabloid otomotif mingguan ternayata juga bisa bikin CBR150R tambah ganas akselerasinya dan bisa raih kecepatan 140km/h lebih cepat hanya dengan ganti injektornya saja.

aku cuma bisa geleng-geleng saja melihat dunia modifikasi mesin disini. gak pandang bulu, baik cc besar atau kecil gak perduli, yang penting modifnya bisa walau cc kecil lawan besarpun gak ada masalah. aku dengar beberapa rumor bahkan ada megapro di modif jadi 250cc bisa lari 180km/h dan akselerasinya bisa ungguli CBR600RR. di club CBR 250 dulu juga ada yang menawarkan modif motornya jadi kencang bisa lawan moge 600cc. wiiih beneran nih? tapi untuk yang megapro dan CBR250 tadi aku hanya dengar dan tidak lihat secara langsung jadinya belum percaya beneran. kalau Jupiter Z bisa lari 180km tadi beneran ada, bahkan ada lagi bengkel yang lebih canggih.

kalau R25 dan CBR 150 yang di naikin akselerasi dan powernya hanya dengan utak atik mesin tanpa bore up berasal dari majalah yang dibawa bro A tadi, kalau tidak salah majalah otoplus edisi 17-23 agustus 2015. jadi kalau pengen ubah R25 atau CBR150 kalian bisa baca disitu saja kalau aku beberkan disini bisa gawat urusannya hehehehehe. modfikator negri ini memang hebat dan kreatif, mau kayak gimana saja bisa asalkan ada dana. batasan kubikasi gak jadi masalah, terganting pada yang modif saja mana yang paling hebat, bener bener kemungkinan tak terbayangkan kalau urusan modif mesin motor disini. makanya gak heran balapan liar taruhan uang sampai puluhan juta karena modifikator mereka cangih-canggih sepertinya. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: