Sunday, August 9, 2015

kelebihan motor karburator dari injeksi selain mudah di oprek

akhirnya setelah beberapa hari libur nulis kini mulai kembali menulis. maklum beberapa hari ini sangat sibuk sekali. buat sahabat bikers yang kadang buka blog ini tapi belum update aku minta maaf banget. oke kini kembali ke bahasan kita saat ini yaitu kelebihan motor karbu daripada injeksi selain mudah di oprek. dulu memang banyak yang bilang terutama makelar motor kalau motor injeksi kurang kuat tenaganya buat menanjak. aku gak percaya begitu saja, apalagi temanku ada yang punya motor injeksi (bebek) tapi gak ada masalah buat tanjakan. untuk kasus ini belum aku selidiki lebih lanjut karena belum buktikan langsung untuk motor bebek, untuk matic aku coba sendiri ternyata sama-sama kuatnya dengan motor karbu, malah sangat kuat dan enak buat tanjakan extreme ( menggunakan bahan bakar premium ron 88). 

jadi masalah buat tanjakan mungkin sama saja jadi bukan kelebihan tersendiri buat motor karbu. tapi ada yang aneh saat aku memakai premium ron 88 menggunakan motor injeksi yaitu akselerasi memang turun dan topspeed juga turun drastis bisa sampai 10km/h. ya lama sih mungkin sekitar 2 tahunan baru turun segitu, padahal service dan oli tetap aku perhatikan. sedangkan motorku karbu yang sudah berusia 8 tahun walau top speed sudah drop karena motor ini buat kerja yang keras-keras dan agak minim perawatannya tapi motor ini topspeednya gak turun sama sekali. dari dahulu sampai sekarang tetap gak ada penurunan. padahal dulu pernah aku bongkar jeroannya sudah banyak kerak-kerak di dalam mesin karena memakai premium ron 88. jadi kestabilan topspeed merupakan salah satu kelebihan motor karburator daripada injeksi jika terus menerus memakai bahan bakar premium ron 88. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: