Monday, August 3, 2015

Kamera lamaku Sony H200 yang tangguh!

foto bersama kamera H200 di pantai Jolosutro - Blitar

Dunia fotografi itu sangat luas sehingga macam-macam kamera dari semua kalanganpun tersedia. ada yang sekedar foto buat fun (kamera pocket) atau hoby foto dengan zoom panjang (prosumer) atau gambar yang sangat bagus (DSLR & Mirroless) sebenarnya dahulu aku mencari kamera yang simple saja, buat foto bagus tapi gak ribet setting. ya aku cuma mengandalkan kamera pocket dan hp saja. seiring berjalannya waktu makin lama aku makin suka fotografi. otomatis makin ingin dengan hasil foto yang bagus. mau beli DSLR ya kemahalan saat itu, mending yang biasa saja yang penting sudah lumayan bagus buat foto. kamera yang pernah aku coba cuma Fujifilm ( Pocket camera JV300, prosumer S4900 & HS25EXR), Ben-Q  (pocket camera AE120) dan Sony (pocket camera W710, WX220, prosumer Sony H200 & Mirrorkess Nex 3N). sebenarnya pengen mencoba nikon, samsung dan canon sih tapi belum ada kesempatan.

 foto menggunakan Sony H200

dari sekian banyak kamera yang aku coba tadi ada kamera yang gak terlalu mahal tapi kualitas bisa dikatakan bagus untuk sekedar foto dan gak mengecewakan.  gak lain ya kamera Sony H200 ku ini. gambar sebenarnya sudah bagus, jelas dan detail cuma namanya prosumer gak bisa sebagus DSLR/Mirroless lah tapi sangat lumayan buat foto bersama atau saat bertamasya/rekreasi bersama keluarga. bahkan di beberapa angle/sudut atau situasi tertentu kadang bisa terlihat lebih bagus dari fujufilm HS25EXR padahal fuji seri ini kualitasnya sangat bagus untuk ukuran camera prosumer, bahkan nyaris sama dengan DLSR. bahkan aku coba lihat hasil fotografer dipernikahanku aku bandingkan dengan Fujiku ini malah ada yang kualitasnya sama bahkan masih bagus jepretan adikku hasilnya padahal fotografernya memakai DSLR.  

walau dengan fitur apa adanya yang sederhana tapi gak sederhana amat hasilnya sangat-sangat tidak mengecewakan menurutku. malah ini kamera sangat tangguh. aku beli lebih dahulu sebelum fujifilm HS25EXR dan sama-sama aku bawa kemana-mana entah ke gunung, pantai dan lainnya lensanya masih bersih dari jamurs sedangan fuji punyaku mulai berjamur soalnya tempat yang aku kunjungi memang cuacanya dingin contoh di cangar. aku bisa geleng-geleng saja. ketahanan lensanya sangat powerfull dari cuaca dingin/panas gak masalah. hasilpun gak mengecewakan. tapi nasib kameraku ini berakhir di tangan makelar barang bekas karena mau aku tukar tambah dengan kamera pocket WX220.

kalian bisa lihat gambar di atas pasti kalian berpikir sony H200 lebih bagus, padahal Fuji HS25exr lebih mahal. memang iya soalnya fujifilmku sudah kotor kena uapan air laut yang sangat banyak di pantai jolosutro belum sempat bersihkan sedangkan sony H200ku kebetulan baru aku pakai jadi masih bagus gambarnya. secara keseluruhan kamera sony H200 milikku sangat tangguh dalam cuaca apapun, hasil juga menurutku sudah bagus untuk ukuran kamera prosumer dengan zoom max 24X ini. hasil jeprteranku menggunakan Sony H200 bisa di lihat di artikel yang membahas wisata (pantai Ngliyep entah part 1 / yang 2, Coban Rondo, selorejo, tlocor, candi pari, candi penataran dan mungkin masih ada lagi tapi aku lupa ^_^)

No comments: