Wednesday, August 5, 2015

Akankah setelah hadirnya Honda Sonic 150 akan membangkitkan gairah biker terhadap motor ayago?

Kita kemarin-kemarin sudah membaca berita dari Wak Haji tmcblog mengenai data AISI 2015 tentang jumlah penjualan motor bebek di Indonesia. dari data yang tertera bisa kita lihat pasar Satria FU 150 cuma 10% saja, sedangkan Jupiter MX-King tembus 24% jika kedua seri MX 150 series di gabungkan. bila belum lihat gambarnya click disini. dari data yang tertera di gambar kita bisa menyimpulkan pasar ayago sangat kecil dibandingkan MX-King 150 dan bebek lainnya. 

namun kini Satira F 150 ada teman sekaligus musuh sesama ayago yaitu Honda Sonic 150R yang baru saja di launching hari ini. ini hal positif bagi pecinta motor ayago karena ada alternatif motor lain selain Satria F. kini kita tinggal lihat akankah kehadiran ayago dari honda ini memberi angin segar pada pasar ayago atau akan senasib dengan teman sekaligus musuhnya yaitu Satria F seperti sekarang?

pendapatku pribadi spertinya bisa si Sonic mendongkrak penjualan motor ayago walau tidak terlalu signifikan. apa saja yang bisa menjadi faktor si sonic 150 ini bisa mendongkrak penjualan motor ayago/membuatnya diminati para bikers? yang pertama desain : memang motor ayago ya bentuknya gitu-gitu saja tapi dengan desain body yang berbeda, lebih keren & fresh si Sonic bisa menambah minat bikers untuk memilikinya (ayago).

kedua : yang kedua jaringan  3S (sale, serive & spare part) yang lebih luas. dengan jaringan yang serba luas 3Snya juga bisa bikers tertarik untuk memiliki si Sonic ini. contoh gampangnya seorang bikers ingin beli ayago tapi jaringan 3S kurang luas dan susah di daerahnya menemukan 3Snya membuat sang bikers agak ragu, tapi sejak ada si Sonic yang sudah jelas luas 3Snya jadi gak ada keraguan untuk memilikinya (ayago).

kini Satria gak sendiri, karena Sonic sudah reborn dan siap bersaing. tinggal selera bikers saja pilih yang mana? apapun motor & merknya gak usah ribut ya, karena bikers adalah saudara!

4 comments:

ZN said...

Taqabbalallahu Minna wa Minkum, Maaf lahir batin bro, sorry telat.

Risdiken said...

iya sama-sama. sebenarnya pengen ngucapin duluan ke sampean bro tapi gak sempat2 hehehe maaf banget bro sampe keduluan ^_^

ZN said...

Nyambung silaturahmi bro, soale lama gak komen di sini... he3

Risdiken said...

hehe iya bro