Thursday, August 27, 2015

sejarah & kunci kesuksesan kawasaki di segment motor sport & moge

Kawasaki sekarang ini menjadi brand yang kental dengan aura moge dan motor sportnya. padahal dahulu kawasaki cuma jualan motor bebek Kaze R dan lainnya. lalu kenapa bisa sukses seperti sekarang ini? sebenarnya gak gampang kawasaki melakukan ini, mereka kerja keras dan berani ambil resiko agar perusahaanya terus berjaya sampai masa yang akan datang. strategi apa yang kawasaki terapkan hingga seperti sekarang ini? mari kita kupas sedikit demi sedikit.

ini sebenarnya hasil obrolan bersama saudaraku yang kebetulan menggandrungi dunia otomotif roda 2. dahulu memang kawasaki cuma menjual bebek saja. kalau tidak salah semenjak 1998 mereka mulai menjual ninja series ( 2 stroke ) saat itu memang lawannya banyak gak cuma kawasaki saja. Honda punya NSR, Yamaha RXZ & RX King dan Suzuki memiliki andalan RGR. motor-motor kencang ini merupakan motor 2 stroke yang sangat kencang dijaman dahulu bahkan sampai sekarang kalau masih ada.

tapi karena jaman mulai meninggalkan mesin 2 stroke, pabrikan motor disini juga mulai meninggalkannya dan mulai mengganti dengan mesin motor 4 stroke. 4 stroke memang lebih efisien dari bahan bakar tapi tentu speednya tidak sadis seperti 2 stroke. mungkin karena krisis atau gimana masyarakat lebih menyukai motor 4 stroke yang irit walau gak kencang sepert 2 stroke. hal ini semakin membulatkan tekad para pabrikan motor di indonesia berbondong-bondong menggunakan mesin 4 stroke semua karena lebih efisien bahan bakar, polusi udara dan suara juga rendah.

Suzuki yang jaya dengan RGR dan Honda dengan NSR mulai menghentikan menjual motor 2 stroke itu. beberapa lama kemudian yamaha juga menyusul. sementara pabrikan lain meninggalkan mesin 2 stroke, kawasaki tetap bertahan. mereka merasa mesin 2 stroke masih ada nyawanya, masih ada peminatnya, kenapa berhenti kalau masih ada yang mau membelinya? apalagi belum ada larangan motor 2 stroke beredar.
karena hal itu kawasaki masih mempertahankan motor 2 strokenya. 

makin lama kawasaki makin sedikit penjualan motor bebeknya, tapi mereka sudah sadar suatu saat hal itu akan terjadi karena terus menurunnya penjualan bebek mereka. gak mau cuma berpegangan pada ninja 2 stroke saja, akhirnya mereka berinovasi dan berusaha menciptakan motor kelas baru. tak lain adalah Ninja 250 versi karbu pada 2008 kalau tidak salah. rencana mereka ternyata sangat sukses bahkan diluar perkiraan. Ninja 250 laris dan juga 2 stroke yang juga stabil membuat kawasaki bertahan. selain Ninja 250, ada kelas lain yang mereka jamah, yaitu motor trail/cross (macam-macam jenisnya) dan itu juga sukses. tau kalau ternyata mereka kuat di segment sport di dunia roda dua indonesia, kawasaki tidak menyia-nyiakan kesempatan dengan mencoba peruntungan di segment moge. tidak sekedar moge tapi moge entry level sampai supersport.

penjualan motor bebek sepi kawasaki gak kebakaran jenggot karena sudah ada market lain yang mereka kuasai dan belum ada lawan. Ninja 2 Stroke gak ada saingan melenggang bebas, Ninja 250 juga tanpa lawan berarti. Cbr 250 mencoba menggebrak masih belum bisa, ditambah kawasaki merilis Ninja 250 FI yangt bodynya tambah keren akhirnya jauh meninggalkan CBR 250 penjualannya. R25 pun gak bisa terlalu lama menyaingi Ninja 250 fi hanya awal-awal saja setelah itu biasa saja, walau penjualannya jauh lebih stabil daripada CBR 250 tapi tetap gak sebanyak Ninja 250fi. 

Ninja 250Fi laris gak ketinggalan dengan mogenya. karena memiliki moge entry level banyak bikers yang naik kelas dari 250cc langsung ke kelas itu. walau harga gak semahal moge pada umumnya tapi desainnya memang bagus dan harganya kompetitif membuat bikers langsung suka pada pandangan pertama. apalagi moge kawasaki yang kelas atas selain modelnya memang keren tapi juga harganya bersaing bahkan bisa di bilang bagus. kita bisa lihat sedikit perbandingan antara R6 VS ZX636R, harga sedikit lebih murah tapi powernya lebih mantap. 

Ninja 2 Stroke di stop mereka juga gak terlalu kuatir, Ninja 250FI masih kuat dan moge-mogenya yang keren dan kompetitif harganya siap di serbu bikers bikers kelas menengah ke atas. jadi kunci kesuksesan kawasaki sebenarnya karena mereka berani mencoba strategi yang berbeda dari pabrikan motor lainnya. contohnya di saat motor 2 stroke sudah gak ada yang menjual tapi kawasaki masih menjuanya dan itu membuahkan hasil. bahkan pencinta motor kencang masih memburunya hingga detik terakhir produksi motor ini. 

kemudian berani mencipatan kelas/pasar motor baru, kelas 250cc & trail/cross yang membuatnya makin di kenal dikalangan bikers. hal ini membuat aura motor sport kawasaki semakin menguat. ditambah lagi mereka juga menjual moge yang semakin memperkuat aura motor sport yang keren pada kawasaki. disamping itu harga mogenya juga sangat kompetitif (gak ngawur) jadi gak sembarangan pasang harga. mereka memasang harga dimana gak terlalu mahal, bisa di bilang paling pas daripada moge merk lain padahal fitur yang ditawarkan kawasaki ada yang lebih bagus dari kompetitornya. makanya gak heran banyak pemilik bikers yang ingin memiliki moge kawasaki. strategi yang tidak biasa, berani ambil resiko untuk berinovasi dan harga mogenya juga bagus adalah kunci kesuksesan kawasaki. lawan Yamaha & Honda saja mreka tak gentar dikelas 250cc sampai kelas moge. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: