Wednesday, November 26, 2014

Motor bebek dan matic mulai beralih ke 150cc apakah motor 110cc akan di tinggalkan seperti 100cc dulu?

jupiter mx king from www.oto-id.com

Dahulu motor bebek hanya 100cc dan motor sport 125cc tapi lama kelamaan motor bebek mulai beralih ke 110cc dan ada yang sampai 125cc kemudian di susul motor motor sport menjadi 150cc. tanpa kita sadari dari waktu ke waktu body motor bertambah besar, baik sport atau bebek. nah karena bobot lebih berat karena membesarnya body motor otomatis cc di perbesar agar performa motor tidak ebrpengaruh. lihat saja dari jaman honda grand sampai suprax 125 - blade 125 di bandingkan grand kan terlihat kecil. kemudian bandingkan lagi motor sport 100cc honda win - tiger bodynya terlihat jauh perbedaan ukurannya di susul bertambah besarnya cc motor.


itu semua terjadi karena pabrikan motor sadar masyarakat tidak sekedar kendaraan untuk tranport saja tapi ingin kendaraaan mereka juga keren jadi lebih fresh dan gaya walaupun itu sekelas bebek sekalipun. semakin lama cc motor bebek bahkan sekarang ada matic semakin besar. matic pertama yang meraih sukses yaitu yamaha mio kemudian berubah ke mio j yang sudah injection kemudian generasi mio terbaru dengan teknologi blue core bermesin 125cc. semakin jaman cc motor semakin besar. tidak mio saja. vario yang awalnya 110cc kini beralih ke 125cc dan akan naik kelas lagi 150cc. gak ketinggalan jupiter mx 135 kini akan jadi 150 juga dan jagoan lama bebek super satria fu 150cc. di sektor sport dulu honda win 100cc an sampai gl max 125cc new megapro fi 150cc kemudian tiger 200cc. kubikasi motor semakin besar tapi jalan semakin ramai, sedangkan dulu motor jarang jalan banyak yang kosong tapi cc kecil kecil heheh jadi kebalik.

 gak sampai di situ saja pabrikan motor membuat cc motor makin besar, ternyata dari pabrikan yamaha menelurkan scorpio 225 cc dan kurang sukses ternyata tapi adiknya new vixion yang booming dan suskes sampai sekarang. vixion bermesin 150cc, byson dan kini ada R25 250cc. sport tiga pabrikan jepang yamaha, honda dan kawasaki memiliki mesin 250cc, sedangkan suzuki yang dulu hanya punya thunder 125 saja kini mereka punya inazuma 250cc. waktu terus berlalu dan kubikasi motor semakin besar. konsumen kini telah benar benar meninggalkan motor 100cc bahkan kawasaki sudah menjual motor berkubikasi bensar 250-1400cc, yamaha  juga sudah dan sebentar lagi honda akan merilis mogenya yang berkubikasi besar. jaman makin ramai dan sesak tapi motor makin lama makin besar kubikasinya. kini 110cc makin tercekik. 

dulu honda blade 110cc kini 125cc, jupiter dulu 110cc kini akan naik kelas 150cc, matic juga mulai naik ke 150cc cuma yang 150cc mungkin beredar tahun depan. jadi 110cc dulu sudah lumayan besar untuk ukuran bebek dan matic kini jadi motor berkubikasi paling kecil dan ada kemungkinan akan di tinggalkan! beberapa  motor yang masih menggunakan kubikasi 110cc antara lain honda revo, beat, vario 110, yamaha mio series, force dan jupiter z1. sisanya berkubikasi di atas 125c dan akan beralih ke 150cc. tidak menutup kemungkinan motor 125cc akan di tinggalkan juga dan bebek atau matic minimal 150cc saja. sedangkan untuk motor sport sudah bisa merambah 250cc ke atas, lama kelamaan minimal kubikasi 250cc jadi terkecil di bagian motor sportnya.

nah para biker mungkin semakin senang di manjakan pabrikan motor dengan produknya yang keren gak sekedar transportasi saja. tinggal bikersnya saja mau milih yang mana? motor yang dulunya sekedar alat transportasi kini tidak sekedar itu saja tapi juga merupakan sebuah prestige, pasion dan pride nih. jangan bilang kalau ketiga hal tersebut berlaku untuk motor sport saja. bebek atau matic kalau kelasnya atas kan juga bisa di jadikan prestige, pride & pasion bikersnya karena kelasnya sedikit di atas dari seri lainnya. walaupun kelas paling biasa sekalipun tetap juga bisa pasion & pride (prestigenya gak ikut soalnya kelas paling biasa hehehehe) motornya keren dan asik konsumen gak akan senang untuk memilikinya. salam bikers salam persaudaraan. apapun motor dan mereknya bikers adalah saudara!

No comments: