Thursday, September 5, 2019

Kisah Duka Perjalanan Kulinerku part 4 (penjual kue Leker)


Ternyata kisa duka perjalanan kuliner Risdiken belum berakhir. kali ini kisah penjual kue Leker. dari SD Risdiken suka kue leker karena di sekolah dulu sering beli rasanya memang cukup nikmat. saat itu harga kue Leker masih Rp.100 saja. mau lebih enak beli yang spesial Rp.200. yang spesial ini sudah 2x lipat tembalnya, gula & mesesnya juga otomatis plus dapat tambahan mentega. rasanya jadi sangat enak. apalagi beli Rp.300 wah muantep. malahan kalau gak salah dul ada ayng sampai Rp.500 muantep. sejak lulus SD Risdiken sudah gak pernah makan, tapi penjualnya selalu terlihat di seklah SD Risdiken. maklum sekolah dan rumah gak begitu jauh. dulu orangnya terliuhat tubuhnya besar dan sangar, serem gitu di lihat anak kecil. 

bukan berarti orang/anak-anak takut. ya sudah perawakannya gitu. jadi chirikhas, badan besar dan gerobak lekernya hijau di angkut di sepeda pancal. puluhan tahun berlalu masih gak berubah, cuma sekarang sudah akai motor. dan oangnya entah kenapa walau sudah puluhan tahun wajahnya gak banyak berubah. paling kerasa ya rambutnya saja yang terlihat mulai memutih semua. dan tubuh gagahnya agak kurus. walau pengen Risdiken sekedar lewat gak sampai kebeli, alah kok gini ya. jadi sangat jarang Risidken beli. sesekali kalau sempat dan iseng. mengenang masa kecil. walaubun sudah bapak-bapak gini tapi rasanya tetap nikmat di mulut. gak berubah walau puluhan tahun. 

di tempat Risdiken gak ada lagi yang jualan selain orang itu, jadi nyarinya gampang. sekitar beberapa bulan lalu Risdiken ma kirim barang ke perusahaan eh kelihatan penjual kue leker ini. lah kok disini? biasanya dekat rumah jualannya. ya setelah kirim barang Risdiken mampi dan beli. Risdiken tanya, lho pak dulu kan jualan di Porong itu kan? iya mas benar jawab bapak itu. tanya Risdiken lagi kenapa pindah kesini? di sana gak begitu laku seperti dulu, jadi kesini aku. sudah lumayan lama disini aku mas karena masih lumayan penjualannya. oke Risdiken beli RP.5000 sekaran perbiji Rp.1000. 

naik 10x lipat kurung waktu 25 tahunan kuang lebih nih. aku makan dan Istri minta aku kasi hmm sama sama menikmati kue leker yang langka di tempat Risdiken. nikmat. istri malah nanya gak beli yang spesial mas? aku jawab ya ini saja dulu ntar beli lagi lah. terkadang orangnya jualan di terminal Porong yang populer di sepbut paspor. nah saat istri ingin beli kok yang jualan beda nih, tapi gerobaknya mirip. mungkin saudaranya ini. Risdiken makan dengan istri luamyan sih, tapi tetap enak yang bapak langganan Ridiken itu. jadi kalau di sekolahan gak kelihatan ke paspor tadi habis maghrib kelihatan. sayang punya sayang saat istri ingin kembali beberapa hari lalu aku carikan muter muter gak ada. aku suruh cek di sekolah tempat jualannya yang baru juga kata istri gak pernah terlihat. pagi, siang sore gak ada. 

lah tumben ini orang? aku cari di paspor juga gak ada. eh pas beli martabak bihun yang ukurannya mini istriku dapat cerita kalau orangnya meninggal dunia. what!!! serius nih? aku kaget pas di ceritain istriku. dan dkata penjual martabak sudah lama meninggalnya. lah kayaknya baru kemarin beli kan. berarti itu terakhir kalinya Risidken beli sebelum meninggal. gak nyangka banget saat beli waktu ini yang terkahir kalinya ternyata.. seperti sebuah pamitan saja sebelum meninggal seperti penjual soto & lontong mie. tapi penjual leker ini ada yang nerusin. walau gak senikmat yang sebelumnya tap lumayan lah. dan yang nerusin ternyata anaknya. asli gak nyangka, Risdiken cuma bisa geleng-geleng terkejut sang penjual leker legendaris telah pergi untuk selamanya. sampai disini dulu cerita duka Risdiken. salam sahabat sekalian.

No comments: