Saturday, April 15, 2017

tips memperbesar gear untuk motor bebek honda agar kuat menanjak dan bertenaga (hampir semua motor honda 125cc bisa pakai cara ini)

oke setelah aku bahas artikel : gear di perbesar tapi top speed gak turun malah stabil, kok bisa ya? kini aku membahas penggantian gearnya lebih spesifik lagi. ya demi lebih kuat menanjak tenaganya dia melakukan penggantian gear. gear apa saja yang di perlukan untuk mendapatkan tenaga yang optimal? silahkan baca lebih lanjut hehehe. pertama-tama mengganti gear depan dan belakang. yang depan asalnya gear ukuran 14 di ganti dengan ukuran 15 ( ori punya Supra X 100cc). kemudian yang belakang 39 di ganti dengan ukuran 46 ( punya GL Pro gak ori karena gak ada yang ori saat itu, jadi memakai yang variasi). lalu dengan rantai Mega Pro dan di potong 1 biji rantainya biar pas. dengan begitu tinggal pasang dan hasilnya seperti pada gambar di bawah dan atas. tapi ada sedikit yang di bor buat baut agar lebih kencang, gak di bor gak apa-apa sih, tapi takutnya kurang kuat jadi di lakukan pengeboran pada gear belakang untuk baut (lihat gambar bawah). dan total biayanya Rp. 240.000 dengan perincian : gear depan asli Supra X 100cc Rp. 45.000 (yang variasi cuma Rp.15.000). kemudian gear belakang punya GL Pro variasi Rp. 45.000 dan rantai Mega Pro Rp. 145.000. dan menurut saudaraku yang memodif sepertinya bisa di aplikasikan ke semua Supra x 125, baik yang karbu, helm in, dan injeksi, kemudian Blade tentunya. dia bilang begitu karena mengamati motor-motor Supra X 125 dan helm in punyaku sama semua sepertinya. semoga bisa bermanfaat tipsnya hehehehehe. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!


2 comments:

Racer said...

Top speed nya gak berkurang bos? Kalau normal blade saya top speed 105 gear masih ori 14-39

Risdiken said...

awal pasang top speed mentok 100, tapi masih enak kok walau lebih cepet oper gear. dulu sebeumnya mungkin bisa 105. tenaga kuat boncengan besar-besar orangnya enteng setelah ganti, tapi kalau rpm tinggi atau nyentuh di atas 85 mulai kerasa kasar/maksa mesinnya sekarang karena gear besar ini. kalau standaran kan alus-alus saja.