Tuesday, April 18, 2017

Tips agar ban Jupiter MX-King yang sudah di besarkan ukurannya tidak lemot



 rantai MX-King yang di perbesar agak tidak lemot setelah ban belakang di perbesar
ini adalah lanjutan dari artikel Batas maksimal ganti ban besar pada Jupiter MX King. awalnya gak ada niatan ganti gear MX-King. tapi gara-gara honda Blade 125 punya saudaraku kesulitan nanjak saat balik dari lautan pasir Bromo akhirnya ia membesarkan gear Blade 125 miliknya. gak sampai di situ, merasa berhasil dengan uji cobanya pada Blade 125, ia akhirnya juga mau ganti gear MX-King miliknya agar bisa normal tarikannya walau ban sudah besar. ya memang ban jadi besar tarikan kerasa lebih berat dan boros bbm, tapi setelah di ganti gear besar akhirnya jadi kembali enteng walau ban belakang sudah ukuran 150/60-17. apa saja yang perlu di ganti? sebenarnya simple saja. cukup beli gear & rantai 1 set milik R15 yang ukurannya 15 yang depan dan yang belakang 47. yang semula ukuran gear belakangnya 42 kini sudah jadi 47 setelah di ganti dengan punya R15. tapi ingat ya, beli 1 set itu wajib (part R15) soalnya gak boleh ngecer, tapi jangan di pasang semua. cukup pasang rantai dan gear belakangnya yang 47 itu. gear depan R15 ukuran 15 jangan di pasang nanti gak bakal ngefek soalmnya. cukup biarkan gear asli MX-King asli saja bagian depannya ukuran 14 nanti biar kerasa efeknya.


hal itu terjadi soalnya salah perhitungan sedikit akan beda efeknya. setelah di pasang kerasa bedanya tarikan motornya. lebih yahud dari sebelumnya (jadi normal kembali). jadi yang di butuhkan gear asli Jupiter MX-King ukuran 14, gear belakang R15 ukuran 47 plus rantainya. yang gear depan R15 simpan saja atau jual di jual beli online hehehehehe. itulah tips agar ban Jupiter MX-King gak lemot setelah ban belakang di perbesar jadi ukuran 150/60-17. bila gear ukuran 47 terlalu besar ada alternatif lain yaitu ukuran 43 (punya Vixion) atau ukuran 44 (punya Scorpio). nah kebetulan saja saudaraku pakai part asli, bila ingin lebih ringan lagi biayanya bisa beli yang aftermarket/variasi saja gear dan rantainya sesuai seperti yang aku sebutkan di atas ukurannya. kemudian top speed pergear/transmisinya gak begitu besar penurunanya, bahkan di beberapa gear ada yang gak ngefek. semoga bermanfaat. salam bikers salam persaudaraan, apapaun motor dan merknya bikers adalah saudara!

baca juga :



 

16 comments:

Unknown said...

@Ranoxran...
Bro apa rantai R15nya yg di psang d mx king di potong atw nga soalx kalau liat di foto udah mentok ukuran stelan rantaix bro....thx bro....

Risdiken said...

memang mentok bro tapi gak sampai memotong rantai kok, seperti di gambar itu hasilnya.

Unknown said...

Bro kalo misal nya pake yang vixion yang gear depan nya pake yang vixion gimana

Risdiken said...

maksudnya gimana ya? maaf kurang ngerti, mohon lebih jelas lagi bro

Unknown said...

Gan itu gear r15 nya pakek yg lama apa r15 yg baru apa sm aja ukuran nya...dan PNP kah jika d pasang d mx king

Risdiken said...

Pakai yang lama bro, PNP kok.

Unknown said...

Rantai pnp kh bro apa harus di potong dulu

Unknown said...

Maaf bro. Itu cover rantai pake apa bro

Risdiken said...

Rantai pnp bro, tapi agak longgar dikit tapi pas kok. Kalau Cover rantai bukannya bawaan MX-KING?

Anonymous said...

Halo kang, mau tanya kalo misalkan hanya beli gear tanpa rantianya bisa atau tidak? Jika tidak kalau rantainya udah kendor itu harus potong rantai atau gimana? Kalau bisa boleh pake merek lain bukan selain yamaha punya? Terus hugger dalem ban belakang yg standard mentok ga sama ukuran 150 nya? Terima kasih kang 🙏

Risdiken said...

saya tanyakan nanti ya bro bila mepunya ketemu saya. maaf lama soalnya jarang cek komen, kalau tanya ke ig saja fast respon.

Risdiken said...

@VIN LIM :gak bisa bro harus satu set gak visa ngecer

Slovi said...

Bang kalau ban standar ganti gear belakang jadi lebih besar bisa ga?2

Risdiken said...

Bisa bro Slovi

Amar said...

Bang, kalo ukuran ban belakang 130/60 tapi pake gear dan rantai r15 itu gimana efeknya?

Unknown said...

Bos boleh bertanya..apa kh tk menguragi akselerasi .standrt asli perporma nya boss..