Wednesday, July 22, 2015

Sayonara motor 2 stroke?


Kurang lebih sekitar 1 mingguan lalu aku membaca berita kalau ninja 150 2 stroke ternyata sudah menyerah dan gak akan dilanjutkan. masalahnya karena emisi gas buang dan polusi suara karena bunyinya yang terlalu keras/berisik tidak seperti motor 4 stroke. tapi menurut  beberapa opini ada yang bilang sebenarnya bisa saja dibuat bisa lolos euro 3 tapi tentu harus riset ulang dan biayanya gak murah, apalagi makan waktu lumayan lama dan harga motorpun akan melambung karena menerakan teknologi baru hasil riset ulang yang mebutuhkan dana gak sedikit. lalu apa setelah di stop produksi ninja 150 2 stroke akan membuat era motor 2 stroke akan berakhir? tentu tidak, karena jaman sekarang penggila motor 2 stroke masih banyak dan jumlahnya juga terlanjur banyak karena kawasaki sudah menujal ninja sejak tahun 90an sampai tahun 2015 ini. itupun belum termasuk motor-motor 2 stroke lawas lainnya kelauran merk lain yang juga banyak seperti RX-King, Satria 120, RGR & NSR yang masih berkeliaran.

jadi walau stop produksi si Ninja 150R tentu gak bakal mematikan dunia motor 2 stroke. walau cuma ada bekas doang tapi tetap saja penggila motor 2 storke banyak, sehingga akan eksis sampai kapanpun ^_^. yang bikin heboh lagi ada kabar kalau honda mengembangkan mesin 2 stroke tapi lolos uji emisi gas buang berpengapian injeksi. kalau benar-benar terjadi bisa jadi NSR series bangkit dari kubur nih hehehehe kayak hantu saja ^O^. kalau beneran era 2 stroke bukan malah terkubur malah kembali bangkit. mungkin di sebagian negara ada yang tidak suka tapi di indonesia gak usah di tanya karena disini penggila 2 stroke sangat tinggi, jadi pasti lakunya. buktinya kawasaki saja dari dulu sampai sekarang gak tambah sepi malah semakin rame penjualan motor 2 strokenya. apalagi denger kata NSR kembali bangkit dengan mesin baru berpengapian injeksi, power dahyat tapi tetap ramah lingkungan, dijamin bikers sini banyak yang kesengsem alias naksir hehehe. 

di luar negri mungkin juga akan mulai mebuka mata kembali ke 2 stroke generasi baru ini karena sudah ramah lingkungan dan lebih efisien perawatan dan powernya. akankah 2 stoke kembali bangkit atau malah sayonara? kita tunggu saja perkembangannya, kalau beneran bangkit wah honda jadi pelopornya nih motor 2 tak injeksi dan lolos uji emisi gas buang. kalau sudah begitu Kawasaki gak boleh kalah karena sudah besar namanya di dunia motor 2 stroke. lalu RX-King bisa saja di hidupkan pula hehehehe. jadi 2 stroke dan 4 stroke bisa beriringan, apapun motornya bikers harus rukun ya. salam bikers salam persaudaran, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: