Wednesday, July 1, 2015

Moge masuk tol, gimana menurut kalian bro?




kemarin-kemarin rame juga masalah moge ingin masuk tol, dimana mana banyak beritanya cuma aku saja telat bahasnya hehehe. sebenarnya aku salah satu bikers yang mendukung hal itu, cuma menurutku keadaan tidak mendukung kalau melihat keadaan tol porong - surabaya, entah kalau di tol lain yang lebih luas/lebar. apalagi kita tahu sendiri pengguna jalan di indonesia ini suka sruntulan, gak peduli itu mobil atau motor. kenapa aku bilang mobil juga? karena saat masuk tol ternyata ada juga mobil sruntulan bahkan lewat bahu jalan yang sering makan korban. kalau pengguna jalan di tol seperti itu moge bisa berbahaya kalau lewat, kalau kesenggol kan bisa jatuh dan fatal akibatnya.

memang moge gak menghambat, malah lebih cepat dari mobil tapi masalahnya tadi banyak pengguna jalan tol yang ngawur dalam berbelok atau bermanuver di jalan tol jadinya gak aman menurutku. apalagi kalau bawa motor maunya betot pol motornya, kehalang dikit mau slintang kiri slintung kanan mepet dikit sikat! kalau begitu malah berbahaya apalagi banyak truck besar-besar lewat dengan muatan yang berat bikin jalan lebih lama! kesabaranpun bisa habis kalau begitu. naik mobil saja kayak gitu apalagi motor lebih lincah pasti pengennya gas terus hehehehe. 

itu simulasi jika di tol surabaya - porong. kalau di luar tol itu kata saudaraku ada yang luas dan lebar seperti di jakarta, jadi gak masalah kalau gak macet. jadi kalaupun diperbolehkan lewat tol ya di beberapa jalur saja/jalur tertentu yang keadaannya memungkinkan. akhirnya pihak kepolisian menolaknya dengan tegas tentu bikers penunggang moge kecewa tapi sudah tepat keputusan itu karena memang jalan di tol kurang memadai kalau dicampur dengan moge. 

sebetulnya walau gak boleh masuk tol sebenarnya bisa lho moge tetap masuk tol di sini kata saudaraku yang pernah menyaksikan kalau ada moge masuk tol tapi dengan syarat dikawal polisi. jadi gak perlu ribet menurtutku kan biasanya toruing moge bawa patwal jadi sekalian saja minta dikawal lewat jalan tol hehehehe. kalau buat jalan tol khusus moge gimana? kan pak polisinya sempat bilang begitu. sebenarnya bisa-bisa saja kalau ada yang mau bikin jalan/mendanainya, seperti tol yang ada diperluas dibagian sampingnya dan khusus lewat buat moge saja. 

tapi itu sulit terealisai, soalnya kalaupun beneran dibuat pihak yang membuatnya gak dapat untung lah wong yang punya moge gak sebanyak yang punya mobil dan gak mungkin setiap hari banyak yang lewat cuma satu - dua orang saja bisa-bisa karena populasi moge gak terlalu banyak. kalau sudah begitu pihak donatur males membangunnya karena gak dapat untung jadi hal ini sulit terelalisasi. aku sendiri sebenarnya sangat setuju moge masuk tol tapi kalau jalan tidak memungkinkan begini mending gak usah biar aman, kalau menurut kalian gimana? salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!


No comments: