Wednesday, July 15, 2015

motor brisik tapi kecepatan lemot apa gak malu?

Di jalan banyak sekali motor-motor diganti dengan kenalpot brong, ada juga yang standard pabrikan kenalpotnya tapi di bikin lebih berisik dan di geber-geber di jalan. masalahnya apa yang bikin mereka bangga kok sampai unjuk motor brisik segala? (motor 100 - 150cc-an yang di ganti kenalpot brisik) memang suaranya enak di dengar? tidak sama sekali malah bikin bising/berisik pol! memangnya cepat larinya? belum tentu juga, kebanyakan cuma brisik doang gak lebih tapi akselerasi tetap/malah tambah lemot, gitu kok merasa bangga sekali padahal orang lihat gak ada sisi positifnya yang ada sangat negatif hehehe. beda kalau motor sekelas ninja 250 2 silinder kalau di kasi kenalpot racing/brong seberisik-berisiknya suaranya masih enak di dengar, apalagi dengan body dan ban besar seperti moge banget dan memang menambah kekerenan motornya. dilihat bisa-bisa ada yang ngiri jadi pengen beli mendengar suaranya yang ganas! jadi walau juga mengganggu tapi masih agak wajar, berisik tapi berisiknya merdu suaranya ditambah kegagahan dan kecepatannya imbang, kalau motor sekelas bebek/sport 150cc di kasi kenalpot berisik waduh gak enak banget nih. 

dulu aku pernah bikin malu motor berisik di jalan dengan motor vario 125 yang masih lumayan prima. di lampu merah aku dengar ada suara berisik-berisik kayak suara motor GL nih (kayaknya kenalpot standardnya dibikin lebih berisik soalnya keras banget suaranya). dari gelagatnya dia suka geber-geber kayak suru orang minggir padahal sesama penggendara motor gak boleh arogan, pakai GL saja sombong apalagi bawa motor sport yang keren atau moge pasti arogansinya tinggi. ya aku lihatnya sebel aja jadi aku dekatin di belakangnya pas. saat lampu hijau si bikers penunggang GL langsung ngibrit. awalnya memang agak keteteran si vario tapi menginjak kecepatan diatas 60km/h akselerasinya bertambah signifikan dan dengan mudah menyalip si GL sampai gak bisa ngejar. sepertinya si pengunggang GL gak terima, ada kesempatan sedikit saat aku melambat ada banyak motor eh dia nyalip lagi, aku senyum saja kembali di jalan kosong aku gas pol dan seperti tadi si GL tersalip dan tertinggal, mungkin dia sebel, malu atau apa lah sampai di menyerah dan melambat. 

sudah hilang rasa arogansinya dan shock deh, terlihat saat aku melambat dan dia menyalip dengan lambat seakan-akan gak mau cari perkara, dan dia terus ke depan perlahan-lahan tidak kencang dan tidak terlalu berisik lagi. shcok terapi nih buat bikers-bikers arogan di jalan. itulah sedikit cerita mengenai bikers dengan kenalpot berisik, gak cepat tapi lemot malah bangga dan sombongnya di gedein padahal gak ada yang bisa di banggakan atau di sombongkan. kalaupun ada seperti motor 150-250cc-an ke atas yang modelnya gagah bukan berarti kita bisa se'enaknya di jalan. ya bersikap saja seperti bikers biasa di jalan gak lebih walau dengan motor keren dan gagah sekalipun. jadi buat sahabat bikers sekalian daripada memodif kendaraan kita jadi berisik dan sangat mengganggu pengguna jalan lainnya mending modif untuk hal-hal positif yang gak mengganggu pengguna jalan lainnya. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: