Monday, October 13, 2014

Salah satu penyebab seretnya penjualan bebek kawasaki

Dahulu sebelum mempupulerkan ninja dan moge seperti sekarang ini kawasaki pernah sukses dengan motor bebeknya. motor apalagi selain kaze r bahkan sempat keluar kaze 130cc. di mana mana aku lihat kaze r banyak dulu, setara dengan motornya honda dan yamaha berkeliaran di mana mana. bahkan motor yamaha masih kalah banyak di tempat tinggalku. tapi kenapa sekarang kok penjualan bebek terus menurun? bahkan aku dengar kawasaki akan stop produksi bebek sekarang dan fokus ke sport aja. apa benar nih?

banyak orang berpikir kalau motor kawasaki kalah bersaing dengan motor motor bebek lainnya jadi pejualannya menurun apa benar?. kalau masalah kualitas dan spesifikasinya sebenarnya hampir sama dengan motor lainnya, mungkin karena 3S? kalau  3S jaman kaze r dlu masih belum sebesar sekarang kawasaki sudah banyak minat  dan banyak yang punya kaze r jadi 3S gak bisa jadikan alasan.

mungkin selera anak jaman sekarang condong ke yamaha, soalnya yamaha sarat dengan sport apalagi beberapa tahun lalu yamaha selalu juar di moto gp berkali kali dari Rossi sampai Lorenzo. karena banyak yang mengidolakannya dan suka pada mereka bisa jadi mendongkrak penjualan yamaha (bebek dan sport). kalau yamaha motornya di gandrungi anak muda kalau honda di minatti berbagai macam kalangan dari yang muda sampai yang tua. contohnya supra x 125 tak lekang di makan jaman. sampai sekarang ada dan bertahan, tapi rata rata konsumen yang memakai supra x  banyak bapak bapak atau orang yang sudah berkeluarga karena mengutamakan kenyamanan bukan kecepatan. jadi para biker yang mau beli bebek / moped terfokus pada honda dan yamaha saja sehingga kawasaki bahkan suzuki juga seret. di tambah lagi sekarang matic semakin di gembari jadi bebek semakin tergerus penjualannya.

sebenarnya ada satu lagi kenapa penjualan bebek kawasaki sangat seret, gak lain karena pelayanan salesnya. aku beberapa minggu lalu mendengar dari tetanggaku yang bercerita. dia mengatakan dulu dia mau beli motor kawasaki karena sukanya kawasaki padahal yang meraja lela honda dan yamaha bebeknya. sudah penjualan bebek kawasaki seret konsumen mau beli bebeknya karena memang suka kawasaki malah mendapat perlakuan yang kurang menyenangkan. dia bertanya tanya karena mau beli bebek eh di acuhkan gak di layani dengan serius malah dengan nada ngeremehin. kalau orang yang lain selain tetanggaku beli ninja eh di layani dengan senyum senyum. aku langsung shock dengarnya, masa sih salesnya kayak gitu? dia mengiyakan dan orangnya pun akhirnya beli motor merek lain.

pembeli adalah raja, kalau pelayanan gak enak kayak gitu mana ada yang mau beli bro. mau beli bebek di remehin pastinya siapapun gak ada yang mau dan akhirnya beli merek lain. jadi mungkin itu menjadi salah satu penyebab motor bebek kawasaki kurang di minati konsumen. jadi kawasaki harus introspeksi diri dan berbenah kenapa bebeknya kurang di terima. bukan hanya alasan lain saja tapi juga sales penjualannya juga ngeremehin yang mau beli bebek jadi jangan protes kalau penjualannya kurang baik. memang gak semuanya pelayanan kawasaki seperti itu jika beli bebek, tapi tetap aja ada - ada saja beberapa sales yang seperti itu sehingga merugikan kawasaki itu sendiri. semoga kawasaki semakin berbenah agar bebeknya bisa di terima kembali karena menurutku produk kawasaki (bebeknya) bagus dan bisa bersaing dengan bebek lain. maju terus kawasaki pantang mundur aku tunggu ninja 250 faceliftnya hehehe. salam bikers salam persaudaraan. apapun motor dan mereknya bikers adalah saudara!

No comments: