Monday, October 6, 2014

fungsional motor, yang murah lebih efisien yang mahal kurang efisien


Di Indonesia ini siapa sih yang gak punya motor? bahkan orang biasa saja dan gaji pas-pasan saja bisa beli. walau gak selalu baru tapi bekas tetap aja itu sebuah motor. nah orang membeli motor gak sembarangan. mereka beli berdasarkan fungsi dan keperluannya. sebagian ada yang untuk kerja dan keperluan transportasi sehari hari, untuk gaya, untuk sport, untuk menempuh jarak jauh. dan untuk mengangkut barang. nah uniknya motor semakin mahal bukan semakin funsional malah kurang fungsional dan efisien justru yang lebih murah bukan yang paling murah ya.

Motor yang harganya gak terlalu mahal / sedang mempunyai fungsional lebih banyak yaitu motor bebek dan matic, walau harganya relatif lebih murah daripada motor sport tapi memiliki fungsional lebih banyak daripada motor sport. contohnya:
1. mengangkut barang - barang belanjaan atau keperluan kerja bisa di taruh di depan tempat duduk kalau motor sport gak soalnya ada tangkinya.

2. bebek atau matic bisa mengangkut barang lebih banyak daripada motor sport. kalau motor sport sperti megapro, tiger vixion dll akan kesulitan membawa banrang dalam jumlah banyak sedangkan bebek atau matic bisa lebih banyak mengangkut barangnya karena posisi menaruh barangnya lebih banyak dan gampang.


3. bahan bakar motor matic dan bebek lebih efisien karena lebih irit daripada motor sport walaupun bebek / matic bisa mengangkut barang lebih banyak.

Padahal secara tenaga motor sport lebih unggul tapi karena posisi menaruh barang lebih susah jadi kurang efisien buat angkut barang. bukan berarti fugnisonalnya gak ada. soalnya banyak orang jualan krupuk juga make motor sport. dan mengangkut barang lainnya tapi tenju gak bisa sebanyak motor bebek dan matic kecuali di beri alat bantu untuk angkut barang.

Sedangkan motor sport semakin mahal semakin boros bahan bakar motornya semakin sulit untuk membawa barang. contohnya GL, megapro, vixion, scorpio, versa dan lainnya motor sport ini bisa angkut banyak barang tapi lebih irit daripada motor sport yang lebih mahal.


Coba R15/R25, CBR 150/250, Ninja 250 buat bawa barang pasti sangat kesulitan dan hampir gak bisa. apalagi barang yang banyak jelas gak bisa ^^


itu tadi keunikan motor di indonesia ini. semaikin mahal semakin sedikit fungsional dan efisiensinya sedangkan yang murah malah banyak manfaatnya.aku bahas ini bukan berarti mojokin motor sport aku hanya membahas fungsionalnya. jadi orang beli motor berdasarkan kebutuhannya. kalau untuk yang angkut angkut barang bebek/matic bisa atau malah motor gerobak sangat efisien. kalau untuk kebutuhan untuk touring / bepergian jarak jauh ya beli sport street fighter. kalau untuk hobi balap, sport dan kencang di jalan ya beli sport fairing. hehehehe sport street fighter juga bisa buat gaya gak cuma sport fairing aja karena modelnya sudah sangat keren sekarang tinggal selera mau pilih yang mana.

Walaupun motor sudah ada fungsinya sendiri sendiri tapi terkadang orang membeli motor gak cuma satu sekarang. karena mereka butuh fungsionalitas dan efisiensi tapi juga ingin motor yang gaya dan keren. jadi mereka beli bebek/matic untuk oprasional sehari hari, kerja ngangkut barang dll, kemudian mereka tentu juga beli motor sport untuk pasion, gaya, hoby, touring / bepergian jarak jauh. seperti aku, untuk kerja ya make bebek atau matic, sportnya buat touring dan keperluan lain saja (kadang touring make matic juga soalnya BBMnya lumayan nguras dompet motor sport ku) ^_^ jadi kalau butuh smuanya ya beli aja semua jenis motor yang kalian butuhkan. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan mereknya bikers adalah saudara!

note : gambar aku ambil dari google, dan mengakutnya secara berlebihan memang motor bebek dan matic bisa lebih banyak angkut barang tapi ya gak separah di gambar ^^

No comments: