Tuesday, October 7, 2014

Memilih motor sport, untuk kecepatan atau untuk sekedar gaya?


Malam Sahabat Bikers, kali ini aku bahas motor sport dan kategorinya. kategori yang aku maksud adalah kategori sport fashion atau kategori performa. umumnya di aplikasikan ke motor 150-250cc.

- motor spec fashion / buat keren kerenan : jika kalaian membeli motor sport hanya untuk fashion maksudnya bukan pakaian ya tapi gaya atau keren - kerenan doank ya bisa di tambahin lebar ban belakang dan depannya jadi terkesan keren motornya tapi tentu saja mengurangi performa motor itu sendiri. untuk sekedar keren ya oke tapi untuk performa akan menurun. dan satu faktor lagi yang juga turut ambil mengurangi performa demi motor lebih keren, yaitu make knalpot brong knalpot berisik kelas abal - abal / kw. jadi turunnya performa akan terbayar atau tergantikan dengan bertambah keren motornya.

walau terlihat keren dan gagah ban lebar dan kenalpot brong bikin performa motor drop. jadi seumpama ninja 250 terlihat wiih keren abizz kyak moge 1000/600c an memang iya tapi kalau performa ya minggir lah dropnya banyak performanya. memang penampilan motornya telihat keren dan banyak motor lain keder tapi setelah di geber oleh pengguna ninja lain yang standard atau bahkan cbr 250 gak bakalan brani, kalaupun brani pasti kalahnya karena power drop alias turun drastis. buat start aja mungkin masih ngaciran motor 150cc. mungkin pengguna gak begitu ngerasain cuma kalau sudah di track / di adu dengan motor lain yang sejenis atau sekelas dengan kondisi standar baru krasa deh turunnya performa.


- motor spec performa tinggi : Nahkalau kalian beli motor sport untuk performa jangan di besarin bannya dan jangan make knalpot abal-abal / kw. standar aja sudah cukup oke performanya gak mengecewakan. tapi kalau kurang puas beli knalpot yang asli sport bukan abal-abal / kw. walau abal-abal / kw nyaris sama bentuknya dengan knalpot sport asli susah di bedain bahkan ada yg sama persis bunyi dan bentuknya tapi beda di performa. kalau yang kw bikin performa motor drop sebaliknya yang asli sport bikin perfroma terdongkrak naik (untuk brisiknya mungkin nyaris sama ga bisa bedain, tapi kalau asli lebih enak di dengar dan gak seberapa brisik).  knalpot kw rata-rata 500rb-1,5jtan kalau yang asli paling murah mungkin sekitar 3jt-10jt an.

kalau masih kurang puas bro bisa ke bengkel spesialis balap atau yang biasa ngoprek motor. kalau injeksi ya di setting ulang ECUnya atau ganti ECU racing. sudah di ganti kenalpot racing asli dan ganti ECU juga pasti sangat sangat ngacir. mungkin baan besar pada motor bisa di akalin biar gak down performanya dengan setting ecu/karburator tapi tentu ada resikonya karena memaksa motor untuk cepat dalam kondisi ban lebar otomatis beban akan bertambah. mungkin karena settingan tadi gak kerasa tapi lama kelamaan takutnya bisa ngefek ke motor.

sekedar info bagi yang belum tau kalau milih kenalpot racing jangan smebarangan walau beli yang asli sekalipun karena knalpot racing mempunyai kegunaan yang berbeda yaitu untuk racing beneran adu balap atau racing harian. nah sebaiknya tanya dulu ke penjual seri yang mau di beli itu karena ada dua kategori tadi. kalau bro buat harian motornya mending yang knalpot racing harian jadi performa nambah tapi ke mesin motor gak ada efeknya. kalau yang versi racing buat adu balap beneran hanya untuk keperluan balapan saja jangan di buat harian kalau di buat harian performa memang nambahnya lebih banyak dari seri racing harian tapi itu membuat mesin cepet aus bro kalau sudah aus mesin gak nambah performa malah turun performanya dan bisa bisa dikit dikit masuk bengkel. kalau sudah kayak gitu susah di normalin lagi motornya. jadi sebelum membeli kenalpot tanyakan ke penjual dahulu kenalpot racing mana yang untuk harian dan mana yang untuk keperluan balapan. kalau penjual gak tau ya mending jangan beli dulu cari info aja ke teman atau di internet jangan sampai salah milih. mau buat beli kenalpot racing untuk harian salah milih yang buat keperluan balap dan gak tau, bisa gawat. bisa bisa motor cepet aus dan performa naik bentar saja kemudian drop performanya karena aus tadi dan mesin jadi gak normal dan susah bikin menjadi nnormal seperti semula.

so kalau beli kenalpot yang aslipun juga gak asal asalan yang penting tanya dahulu kalau sudah tau apa yang kita butuhkan kita beli beres deh. kembali ke topik awal tadi, jadi bro maunya motor sprt kayak gimana? mau sekedar keren aja?? bisa di besarin ban dan ganti knalpot brong tapi sebagai gantinya performa turun. kalau mau keren tapi juga cepat? mending gak usah ganti ban. ban cukup standar aja sudah keliatan keren tinggal ganti kenalpot asli racing dan setting ecu pasti ngacir tapi resikonya juga ada yaitu tambah boros ^_^ nah kalau mau sekedar ekren gak nurunin performa dan gak borosin bbm ya standar 100% aja hehe lagian motor sekarang standarpun keren cuma orang orang lebih suka di ganti kenalpotnya biar lebih asik akrena suranya kayak motor balap beneran katanya. nah semua plihan ada pada bro dan sis sekalian. oke salam biker salam persaudaraan.

Note: gambar aku ambil dari google.com

No comments: