Monday, October 20, 2014

Jika Premium jadi naik Rp.9500 apa kita sebagai bikers masih memakai premium atau pertamax saja?


Juka Premium jadi naik Rp.9500 apa kalian masih menggunakan premium atau pertamax saja yang selisih Rp.2000 an? kalau pendapatku selama aku memakai pertamax dan premium ada banyak perbedaanya. walau pretamax lebih mahal tapi jarak tempuhnya perliter lebih panjang daripada premium. contohnya premium sekarang Rp.6500 aku ke surabaya - porong beli Rp.15.000 2 liter lebih pp sisa dikit sedangkan Pertamax kalau belinya Rp20.000 gak sampai 2 liter tapi buat pp sisah lebih banyak daripada premium tadi. memang agak mahal pertamax tapi mesin performa gak turun, mesin halus tarikan ya jelas enteng dan mesin gak berkerak. sedangkan premium memang lebih murah tapi lama lama mesin kurang bertenaga, agak kasar & performa menurun kemudian mesin berkerak.

jadi kalau menurtku beda Rp.5000 gak masalah selisih sedikit tapi mesin irit, awet, halus tetap bertenaga dan bersih tanpa kerak pasti awet motornya dan jarang service jadi gak masalah soalnya mesin tetap kondisi optimal terus dan pembakaran oke sempurna tanpa kerak. memang Rp.5000 bagi sebagian orang gak sedikit tapi kalau kita mampu mending beli pertamax. pengeluaran perbulan anda buat sama jadi beli bbmnya lebih dikit kalau beli pertmax tapi karena irit sedikit itu cukup untuk pp rumah dan kantor. jadi walau bbmnya lebih sedikit dalam mesin motor tapi karena keiritannya pertamax jarak tempuhnya sama dhampir sama premium.

itu saat premium Rp.6500 kalau sudah Rp.9500 dan pertamax cuma Rp.11.000 kurang lebih, membuat premium tidak efisiensi, bayangin aja seumapa aku pp surabaya porong aku belikan 2 liter kena biaya Rp.19.000 sisa setengah literan ga sampe, lebih sedikit. sedangan pertamax Rp.20.000 gak sampe 2 liter ya tetap sisah gak sampe setengah liter selisih sedikit sekali tapi perbedaan pada mesin beda jauh. make pertamax performa gak turun tetap kenceng dan napol gasnya. topspeed juga gak turun, mesin terus awet, halus dan tak kerak. sedangkan memakai premium uang cuma selisih dikit tapi mesin kasar, perfroma berkurang, top speed juga lama lama jadi susah di capai malah turun, yang palng parah mesin jadi  berkerak. selisih dikit efek di mesin banyak.

memang sebagian besar motor buat transport dan bukan untuk balap jadi masalah top speed dan performa motor gak begitu di permasalahkan tapi masalahnya adalah efek pada mesin antara premium dan pertamax beda. pertamax membuat mesin jadi lebih halus, dan tanpa kerak di mesin rasanya sperti baru terus enak di pakai pasti kewawetannya, sedangkan premium membuat mesin lama lama kasar dan berkerak seperti yang aku sebutkan berkali kali. memang kalau sering service itu ndak masalah.walaupun berkerak juga motor tetap jalan kok. lama lama memang tarikan jadi berat tapi mesin tetap jalan. walaupun begitu alangkah baiknya kalau kita juga merawat dan memperhatikan mesin motor kita.

pengeluaran selisih dikit lebih banyak tapi mesin awet, halus dan tahan lama tanpa kerak pula kalau aku jelas milih pertamaxnya jika premium jadi naik Rp.9500. pengaruh pada mesin beda tapi harga mepet mepet selisih cuma Rp.2500. aku hanya kasi info buat bro dan sis sekalian. apapun yang kalian pilih ya itu yang terbaik bagi kalian sendiri. kalau di campur/oplos? ya masih mending daripada premium saja. performa dan topspeed masih terjaga mesin juga masih halus tapi keraknya tetap ada gak bakalan hilang. gak di oplos saja selisih Rp2500 kalau di oplos paling paling selisir Rp.1250. ya pertamax aja sekalian menurutku. (kalau premium jadi naik ya, kalau tetap seperti sekarang ya efisiensi premium masih bisa di pegang walau ke mesin gak menjamin).

tingkatan kerak pada mesin berdasarkan BBMnya :

Premium: ya bahan bakar standart tapi lama lama dalam mesin gosong dan berkerak.

Pertamax: bahan bagar mengengah ke atas, dalam mesin gak ngefek pembakaran sempurna, kerak hampir gak ada mesin cuma agak gosong saja gak ada keraknya dan masih oke. kalaupun ada sangat2 sedikit. 5tahun belum tentu berkerak. bayangin kalau premium 4tahun saja pasti bongkar mesin sudah banyak keraknya dan mesin gosong song (pernah bongkar soalnya mesin revoku makan premisun terus masalahnya)

Pertamax plus: Mesin mulus nyaris seperti baru gosongnya lebih sedikit dari pertamax dan kerak gak ada tentunya plus performa bertabah oke krena oktannya lebih tinggi.

oke sampai di sini saja sahabat biker sekalian. salam bikers salam pesaudaraan, apapun motor dan mereknya bikers adalah saudara!


No comments: