Wednesday, October 1, 2014

Honda Tiger sang legend yang terkikis jaman

gambar dari trexton.wordpress.com

Siapa sih yang tidak tau motor legendaris Honda Tiger? pasti semua orang pada tau. motor legendaris dari tahun 90an yang sangat di kenal karena ketangguhan dan kenyamanan motor ini. sehingga banyak para bikers memakai motor ini untuk touring. dari jaman ke jaman motor ini sangat di segani dan di kagumi. bahkan aku dulu mikir kalau honda tiger ini motor paling besar di negri ini.

 Tiger 2000 merupakan puncaknya honda tiger pada masa kejayaan. kemudian Tiger Revo mesin sama tapi body jauh lebih keren dari tiger 2000. setelah ganti body memang tiger booming banyak seklai yang beli tiger revo ini. setiap lewat ke mana mana selalu lihat tiger revo yang sangat keren dan gagah aku saja waktu kecil berangan angan membelinya. 

gamabar dari kaskus.com

Akhirnya lama kelamaan sang legenda mulai tergerus jaman. banyak bikers yang suka motor gagah memilih motor lain. di samping karena modelnya sudah lama banget gak ganti ganti powernya juga kalah sama motor lain yang hanya 150cc padahal tiger memiliki kapasitas 200cc. jadi tiger terlihat kemahalan dengan power kurang model juga sudah lama minat biker pada motor ini berkurang, tapi masalah gagah lebih gagah tiger menurutku bodynya soalnya juga masih besar daripada motor 150cc dulu. menurutku walau sudah lama gak ganti model tapi tiger revo tetep masih sangat keren bagiku.

walau pejualan terus menerus tidak mengalami kenaikan malah kadang menurun tapi stabil jadi pabrikan masih memproduksinya karena masih menguntungkan dan laku. sang legend masih bertahan. kemudian beberapa tahun kemudian new megapro yang mewarisi gen tiger ini. sama-sama street fighter tapi new megapro 150cc ini lebih superior daripada tiger membuat penjualan sang kakak termakan sang adik yaitu megapro. 

gambar dari andrapande.wordpress.com

lama kelama'an penjualan tiger mulai menurun drastis. si adik new megapro saja tak berkutik lawan vixion penjualannya apalagi tiger? sang legenda tetap bertahan karena bantuan banyaknya club tiger di seluruh negri tapi tetap saja lama kelama'an terus tergerus. honda pun kalah dengan yamaha penjualan motor sportnya. penjualannya merosot dan mereka harus memutar otak agar bisa ngimabngi atau ngalahin yamaha. akhirnya karena terlalu meremehkan yamaha dengan vixionnya di tambah byson yang makin banyak penggemarnya hampir menyamai tiger penggemarnya, honda makin terpuruk motor sportnya. akhirnya mereka mulai seris menggarap motor sport dan lahirlah CB150R Street fire bermesin DOHC. di tambah adik si megapro yaitu Verza yang bahu membahu ngimbangin vixion dan byson dari yamaha.

CB150R dan Versa Penjualan Motor sport Honda mulai terangkat walau sampai sekarang masih di bawah yamaha penjualan motor sportnya tapi sudah jauh lebih baik dari dulu dan penjualan CB150R dan Versa makin naik. sedangkan sang legend tiger sudah benar benar termakan jaman dan ompong akhirnya awal tahun 2014 honda tiger di suntik mati oleh pabrikan honda. tentu para penggemar honda tiger kecewa. karena pabrikan fokus ke sport 150cc, tiger 200cc di tinggalkan tidak di kembangkan lagi. padahal kalau di kembangkan, di rubah bodynya yang fresh dan spesifikasi di tambahin dijamin sang legenda akaan kembali jaya dan terus bertahan dalam berbagai jaman.

isu kemunculan New Tiger terus bermunculan tahun kemarin bahkan ada yang bilang sudah ada sejak 2007 tapi belum ada bukti tentang keberadaan sang legenda. isu terbaru rilis di tahun 2014 ini tapi tidak ada sama sekali spysot, bocoran info dan bukti lainnya. apa benar tiger akan tinggal legenda saja atau akan kembali bangkit menyapa pecinta motor cruiser? semoga saja sang legenda kembali.
salam bikers apapun merk dan motornya bikers adalah saudara!



No comments: