Tuesday, June 18, 2019

Seberapa sadis lautan pasir di Bromo? Jangan bikin perkara di sana!

Risdiken bersama akame di lautan pasir Bromo saat musim hujan. 

Sebenarnya Risdiken sering banget bahas perkara Bromo ini di blog pinggiran ini. Tapi ya ternyata yang bertanya-tanya masih lumayan banyak. Hmm ok sahabat bikers sekalian sekali lagi bahas Bromo ya. Kasus motor mogok karena kampas kopling hangus di lautan pasir Bromo sudah dari dulu ada. Cuma sekarang makin edan motornya jadi viral hehehe. Dulu sih paling Vixion atau CB150 saja atau sport lainnya sekelas. Kini Ninja 250 juga mulai sering mogok di sana dan jadi viral. Boro-boro Ninja 250 fi,  KLX motor penggaruk tanah saja keok kalau gak ahlinya. 

Matic dengan mudahnya libas lautan pasir Bromo. 

Motor sport kurang sehat, kurang ahli sering main kopling jangan kompromi, pakai matic saja daripada terjadi insiden di sana. Seganas itukah lautan pasir Bromo bagi motor sport? Ya melihat korban cukup banyak bisa di bilang iya. Tapi bukan berarti momok yang harus di takuti pengguna motor sport. Malahan ini wisata alam cukup indah bahkan seperti nemu The lost world saat musim hujan suasananya. Jadi ini surganya bagi para bikers untuk eksplorasi keindahan gunung Bromo ini. 

Foto dekat bukit teletubies via jalur Malang. 

Tapi ya itu tadi pengguna motor sport harus hati-hati. Risdiken gak bakal nyebur bawa motor sport saat keadaan musim kemarau karena pasir akan sangat sulit di lewati. Ban motor gampang nancep di pasir, ini pula yang pakai motor kopling kadang jenuh atau stres dan bila di teruskan bisa terbakar kampas koplingnya. Jadi paling pas saat musim hujan karena selain pemandangannya jauh terlihat lebih indah, pasir juga mengeras jadi di lewati motor sport gampang banget, paling apes selip dikit jatuh gak masalah toh di pasir motor gak baret juga gak sakit. 

Di atas kawah gunung Bromo. 

Ya pengalaman pakai si akame dulu begitu. Jalur Malang, Probolinggo dan Pasuruan sama punya medan yang berbeda, jadi sesuaikan dengan motornya. Bila motornya kurang sehat dan buat tanjakan susah paling gampang lewat Malang baiknya. Motor sangat sehat dan mau jalan menantang? Lewat Pasuruan pulang dari lautan pasir, tanjakan edan banyak yang mundur gak kuat di sini. Mau yang berkelok-kelok ya lewat Probolinggo. Saran Risdiken selain musim hujan pakai motor bebek saja bila bawa sport ragu. 

Touring bersama RC25 di Bromo. 

Eksplorasi di sana dulu biar tau Medan Baru saat kesana lagi ngerti medan bisa bawa sport. Satu lagi bersikap santun saja di sana, jangan sesumbar atau bicara kotor. Pernah kejadian walau hafal jalan di sana orang gak bisa pulang, jalan sudah benar tapi ternyata jadi berputar lagi. Di lautan pasir kebelet pipis? Apa boleh buat, tapi jangan lupa berdoa dulu pada Tuhan biar gak ada masalah. Buang air kecil bukan niat jelek, cuma kebelet gak tertahan saja jadi terpaksa. 

Menaklukkan lautan pasir Bromo. 

Terkadang di tengah lautan pasir ada seperti rumah-rumahan mungkin untuk sesaji atau apa, ya jangan buang air kecil dekat situ. Asli setelah kesana posisi pemandangan pas sangat indah-indahnya pasti ketagihan nikmatnya touring ke sana dengan motor kesayangan. Gak perlu takut tapi jangan remeh itu saja insya ALLAH aman sentosa. Jangan lupa berdoa sebelum berangkat biar selamat sampai rumah lagi. Salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara! 

No comments: