Wednesday, June 26, 2019

Kebanggaan orang tua mengorbankan anaknya


Akhir-akhir ini banyak insiden kecelakaan yang melibatkan anak di bawah umur di jalan karena belum waktunya nyetir motor sudah di belikan orang tua. Anak minta motor ke ortu wajar dan gak masalah bila ortu mampu dan gak di salah gunakan motornya untuk hal negatif seperti balap liar atau ngebut. Ya harus di gunakan dengan bijak juga lah. Tapi dengan catatan umur sudah cukup ya,  kalau belum ya jangan nekat. Bisa nyetir motor pun ya yang biasa dulu buat muter komplek/desa karena masih belum cukup umur latihan saja. 

ntar jam terbang sudah cukup tinggi dan makin lihai, umur juga sudah cukup baru deh minta beli motor sport baru gak masalah asal gak di salah gunakan tadi. Kalau tetap ingin walau masih di bawah umur dan ortu nurutin sama saja suru anaknya bunuh diri. Pertama masih labil kan anak-anak secara psikologis, kemudian tubuh kurang kuat handle motor karena masih kurang besar, ada apa-apa jadi gampang kecelakaan. Jangan alasan sayang nekat belikan. 

Sama saja belikan anak pistol dan buat mainan tertembak pada dirinya sendiri. Sudah banyak korban berjatuhan tapi belum ada yang kapok. Entah siapa lagi yang berikutnya jadi tumbal demi kebanggaan orang tua bisa belikan motor bagus tapi anak siap antar nyawa kapanpun. Anak minta apapun turutin selama itu hal positif bukan hal negatif yang jadi kurang baik bagi anak tersebut dan membahayakannya. Nurutin anak dan akhirnya anak senang memang kepuasan tersendiri bagi orang tua, tapi ya itu tadi harus hati-hati dalam nurutin terutama urusan motor. 

Kita pakai motor sudah ada resiko bahaya di jalan bisa terjadi insiden kapanpun tanpa kita mau atau sadari, jadi nyawa taruhannya bukan untuk mainan. Jadi lebih baik anak minta motor masih di bawah umur mending jangan kasi dulu, apalagi motor sport, sudah banyak korbannya. Tunggu lebih dewasa atau remaja dulu baru deh. Kalau terlanjur ya jangan boleh di paksa dulu, kalaupun bisa ya jangan jauh-jauh di kompleks atau desa saja dan harus ekstra hati-hati. Uang bisa dilakukan cari nyawa gak bisa kembali. Salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara! 

No comments: