Wednesday, June 12, 2019

Jangan sembarangan ganti kampas rem depan vario 150


Gambar ini adalah cakram rem depan motor vario 150 Risdiken. Beginilah bila sembarangan ganti kampas rem. Risdiken gak bilang semua rem merk after market jelek atau gak lebih bagus dari asli bawaan ya, pasti ada yang lebih bagus cuma Risdiken belum ketemu. Ketika itu kampas di jalan sudah kehabisan depan belakang jadinya mau ke penjual Part ori masih kasih daripada terus gerus cakram depan ganti baru di bengkel yang sedia kampas rem terdekat. Setelah ganti hmmm kok kurang oke ya? Gak ada deh, terpaksa daripada malah parah di jalan. Yang bikin curiga kok malahan lebih murah sih depan belakang gak sampai Rp.100.000? 

Gerusan terlihat jelas kan.

Dan benar saja setelah libas jalan ekstrim kerasa bedanya. Kurang pakem dan gampang aus. Akhirnya saat habis touring dari pantai Sanggar kebetulan ortu pakai seharian soalnya Risdiken pakai Z800. Eh ortu bilang ban belakang sudah habis kampas remnya kok di biarin! What, Baru ganti ini kok habis? Gila bener, makanya murah, eh gak lama sebulan lebih dikit (kemarin lusa) touring lagi awal lebaran eh aus bahkan menggerus cakram saat buat turunan tajam cangar. Hmmm biasanya masih turun agak jauh kuat ini gak kuat. Dan karena mau lewat pandaan ya via trawas deh dari pacet. 

 Bisa sahabat bikers sekalian lihat kampas rem masih ada (gambar atas) tapi sudah menggerus cakram. 

Nah ini nih, walau masih ada sudah begini, makanya menggerus cakram. Sangat gak bagus nih. Motor gak tambah enak malah ada gerusan di cakram remnya. 

Seperti yang sahabat bikers sekalian lihat, cakram tergerus di tengah dan sampingnya parah seperti ini. Ngeri kan pakai kampas rem sembarangan. 

Di sana ada turunan tajam dan terjadi deh bunyi berisik pada rem depan. Lah ini kata ortu gak di ganti juga yang depan karena masih ada, eh kok habis? Risdiken terpaksa mendorong turun dan cek, lho kok masih ada gini sudah gores cakram? Waduh parah nih, akhirnya ya daripada nurutin kampas rem depan habis Risdiken ganti kemarin. Untuk kecepatan tinggi dan turun saja bunyi, kalau pemakaian normal gak masalah tapi tetap Risdiken ganti saja susah ngerusak parah. Akhirnya setelah ganti kemarin langsung enak. Ban baru, rem baru joss akhirnya hehehe. Link video di bawah ini ya. Salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara! 

Kampas rem original. Ini bukan endors ya, cuma sharing saja. Terlalu beresiko pakai merk gak terkenal atau yang murah bila gak kebetulan seperti ini jadinya. Kecuali ada yang pernah coba dan nemu yang oke baru gak masalah. 

Videonya :