Wednesday, June 12, 2019

Ganti ban belakang si Vario 150 (ban gembos itu boros)



Akhirnya setelah mengalami kesialan pakai ban belakang planet corsa (bukan salah bannya sih) Risdiken ganti ban itu dengan ban Pirelli. Ya ban depan belakang sekarang sama-sama Pirelli tapi beda corak ukirannya. Dulu Risdiken remeh ada jargon ban gembos itu boros. Hmm iya sih masa separah itu? Paling tambal sekali sudah jarang. Dan akhirnya Risdiken ngalamin sendiri maksudnya dari perkataan itu. Awal cerita sebelum membeli Z800 Risdiken sudah ganti gan belakang vario 150 dengan ban planet corsa.

Ya pakai itu aku pikir kemaren juga pakai itu fine-fine saja, enak, kena paku aman ada cairannya dan yang terakhir pas uang mepet persiapan ambil Z800. Jadi semula mau ganti ke micelin sebenarnya berhubung kepepet balik lagi ke merk yang sama sebelumnya. Oke pasang isi cairan. Eh di pakai mubes dengan teman-teman kena paku di pandaan dan nambal deh, Risdiken skip intinya setelah itu nambal bolak balik (lengkapnya sudah Risdiken tulis dulu bisa sahabat bikers sekalian cari di blog ini).


Dan herannya cairan anti bocor gak mempan padahal juarang begitu. Jadinya pakai ban dalam karena sudah parah ban tubelessnya. Dan setelah itu tetap saja sering bocor walau gak kena paku karena kan sudah cukup lebar lubangnya kena tambal berkali-kali. Risdiken asli frustrasi karena sudah tak terhitung berapa kali nambal ban itu. Mungkin bila ongkos nambal baunya di hitung bisa 2-3x harga ban planet corsa itu sendiri termasuk 2X pasang ban dalamnya.

Selain itu bila ban tubeless kasi ban dalam ternyata nyopotnya susah jadi harga tambal lebih mahal. Ya memang rugi sih, dari awal aku mau ganti saja terlalu sibuk gak sempat. Sampai velg belakang sudah mulai bengkok juga kena jalan gak enak. Puncaknya setelah touring habis lebaran kemarin Risdiken bersilaturahmi ke saudara, dan di tengah jalan bocor! Oke deh tambal saja, semoga masih lebaran gini sudah ada yang buka. Dan benar saja ternyata ada, syukur deh. Akhirnya tambal dan besoknya stel velg deh.

Eh gak taunya di tengah jalan pulang kempes lagi! Anchuuur ini Ban, besok mau di ganti bocor lagi dan nambal lagi. Akhir besok luasnya baru sempat aku stel velgnya. Begitu beres bayar, cabut deh dan meluncur ke toko ban terdekat balik ke ban tubeless lagi. Ya akhirnya seperti pada gambar di atas ini deh. Kapok deh pakek gak tubeless, karena bila bocor di naikin ban dalam rusak ganti baru, kalau tubeless masih bisa di naikin. Asli godaan yang menyiksa ban itu bila terjadi pada motor kita sehari-hari.

Karena itu walaupun baru beli sudah parah jangan ragu ganti, nanti nambal berkali-kali malah rugi waktu dan tenaga, uang juga habis banyak nambal terus. Setelah ganti ban tubeless Risdiken gak pakai cairan soalnya di tempat ganti ban itu merknya beda terbukti gak ngefek cairannya malah susah ntar. Ban gembos itu boros jargon dari penjual ban ternyata Risdiken ngalamin dan betul adanya hiks-hiks >_<. Salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah! 

No comments: