Monday, February 11, 2019

Vario 150 setelah 3 tahun.


Gak terasa sudah 3 tahunan bersama Vario 150 ini. Ini merupakan pemakaian ternama Vario series. Dulu yang techno 110cc dan 125cc cuma 2 tahunan. Dari semua yang Risdiken pakai justru yang terbaru ini fungsi bawa barang berkurang karena dek cukup sempit. Dulu bawa yang 110cc cukup lega. Bawa kertas folio pas, 125 agak sesak dikit, yang ini sesak sekali. Urusan bahan bakar sih bila yang gak suka boros bakal cenut-cenut. Dengan pemakaian sama, jarak sama selisih 1 liter padahal cuma beda 25cc doang! Gak rekomendasi untuk yang suka irit, mending Vario seri di bawahnya. 

Tenaganya juga beda lumayan tipis, maklum cuma beda 25cc, tapi kenapa selisih konsumsi bahan bakar selisih 1 liter? Terus gejala aneh-aneh awal beli dulu ada, dan jeroan juga agak gampang kena bila pemakaian terlalu kasar. Selain itu sih aman, di pakai tiap hari motor ini gak ada masalah, nyaman seperti biasanya. Yang bikin terkesan walau vanbelnya di pakai lebih dari 30.000 km masih kuat. Bahkan sampai 40.000 kalau gak salah Risdiken gantinya. Akselerasi turun dikit dan top speednya drop gak kuat di atas 100km/h. Baru setelah ganti joss lagi. Buat tanjakan juga cukup enteng. 

Untuk rem sih lumayan boros bila di bandingkan seperti dulu, maklum kubikasi lebih besar jadi tenaga lebih, akhirnya lebih cepet habis. Dan juga pakemnya kerasa kok. Kan ada juga motor awalnya kurang pakem, ini langsung pakem. Pakemnya gak berubah bila pakai part asli, part biasa atau yang murah ternyata kurang mantap. Kan ada kadang lebih murah tapi cukup pakem lebih dari orinya. Selama 3 tahun pemakaian cuma Agak kecewa di awal saja karena segi fungsionalitas yang lama lebih oke jauh, tapi kalau sudah biasa hmm enjoy juga pakai motor ini.

Minim perawatan tapi anti rewel motornya. Servis 2,5 tahun gak sampai 400rb, bila di hitung rutin servis  bulanan sama dengan Rp.13.000 lebih dikit. Murah lah, itu baru beli baru servis lagi 2,5 tahun. Selama itu cuma ganti oli saja fine-fine saja. Cukup tangguh. Puas walau gak puas-puas amat. Yang paling Risdiken suka tentu ketangguhannya ini. Buat touring jauh nyaman ridingnya. Kita lihat tahun depan masih tangguh seperti sekarang? Tunggu tahun depan. Salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara! 

No comments: