Tuesday, February 5, 2019

Perlukah melakukan injection cleaner pada motor bahan bakar oktan 92?


Opini memang bermacam-macam sahabat bikers sekalian, termasuk melakukan injector cleaner pada motor 150cc perlu apa tidak bila sudah pakai oktar 92 terus. ya selama pengalaman pakai motor sih pakai oktan 92 terus tanpa melakukan injection cleaner gak ada masalah selama oli mesin dan perawatan gak telat. melakukan injector celaner itu ya di peruntukkan yang sering pakai bahan bakar di bawah oktan 92. ini opiniku saja sih. lah ada yang biang moge pakai pertamax 92 ternyata mogok dan ada keraknya risdiken angkat tempo hari, Risdiken menemukan kemungkinannya. pertama memang minimal oktan 95 sebenarnya untuk moge tipe itu, jadi karena itu di pakai oktan 92 ada yang rewel. kemungkinan ke  dua bbm di beberapa SPBU kan ada yang nakal. 

bisa jadi moge yang isi bbm kebetulan beli yang oktan 92 dapat yang oktan yang di bawahnya kita kan gak ada yang tau. jadi moge mogok pakai oktan 92 ya gak kaget lah. kecuali motor 150cc nah baru deh, pakai oktan 92 ya biasa saja malah bagus, kecuali sesekali di isi oktan di bawahnya baru masuk akal perlu melakukan injection cleaner. kalau asli benar-benar oktan 92 Insya Allah aman, berhubung SPBU ada yang nakal gak heran bila ada tetap oktan 92 tapi muncul kerak. bukan karena oktan 92nya berkerak melainkan ada pihak yang curang tadi jadi timbul kerak motornya tanpa di sadari. jadi injector cleaner menurutku kurang perlu sih. 

apalagi setelah service motor jadi enteng, jadi belum tentu karena injcetor celanernya. tapi bila kurang yakin gak masalah di lakukan. selama sahabat bikers gak menemukan penurunan performa motor selama rutin service dan oli ya gak perlu, kecuali kerasa ada yang menurun performanya baru deh perlu dilakukan, mungkin kita kena SPBU nakal tadi, oktan 92 di kasi yang dibawahnya atau di oplos. ya ini opini Risdiken pribadi ya. silahkan bila ada opini lain boleh di share di sini. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: