Thursday, February 7, 2019

Ganti sendiri oli moge (Z800)


Setelah ngopi kok netralkan gear sulit ya? Sebelumnya juga mulai kerasa saat speed mori, ya pasti olinya ini. Saat pakai Akame dulu juga gitu, oli telat oper gear sudah, termasuk netralkan. Oke deh ganti oli sendiri saja soalnya jadwal padat, gak mungkin bawa ke Surabaya servis moge. Sebenarnya sama saja kok ganti oli moge dengan ganti oli motor biasa. Jadi kalau motor masih fit cukup ganti oli saja gak di servis dulu gak masalah. Langkah-langkahnya :

1. Pastikan berapa banyak oli yang di butuhkan. Untuk Z800 3.1 liter, sedangkan bila gantian filter oli hampir 4 liter. 

2. Siapkan cangkir penakar untuk menakar olinya. Kan lebihnya dikit banget jadi perlu di takar biar pas. Apalagi kadang isi oli 1 liter ada yang kurang, langsung isikan belum tentu pas jadinya kurang pas buat motor. 

3. Pastikan membuka/tutup baut pada motor hati-hati karena moge bila bautnya ada yang rusak susah nyari yang sama. Gak perlu terlalu rapat, cukup seperlunya. Jangan lupa pula bautnya di taro tempat yang bersih biar gak ada debu nempel. 

4. Sisa oli tutup dengan rapat agar udara gak masuk. Bila masuk lama gak di pakai bisa lebih ecer. Kalau sudah tertutup rapi tinggal di simpan dan bisa di pakai di kemudian hari pas ganti oli berikut. 



 Di bongkar di halaman rumah. 



 Di buka secara hati-hati karena takut dol/rusak, susah nyari baut yang sama. 



 Siapkan penakarnya. Jangan lupa penakarnya di tutupin bila pas gak di pakai agar gak kemasukan debu. Fatal banget kalau sampai ad debu masuk ke mesin. 



Akhirnya tuangkan deh sesuai takaran beres, tutup kembali. 

Setelah di ganti oli panasin lagi motornya. Setelah itu test ride ternyata lebih enak dari sebelumnya. Kalau terbukti oli andalan ini enak lebih dari 1000km ya bisa di pakai terus. Salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah! 

Video: 

No comments: