Tuesday, December 13, 2016

Knalpot racing : Panjang/pendeknya knalpot pengaruhnya beda pada putaran mesin pada motor?

Kemarin sekitar 3 hari lalu aku menghadiri acara pernikahan anak teman touringku pak Komar. nah sebelum kesana aku kumpul dulu di Caffeenya temanku yang juga salah satu teman nongkrong sesama bikers motor 250cc. ah ribet sebut saja club bro! gak gitu juga, ya kita ini cuma sekedar ngumpul saja gak bisa di sebut club, karena club kan jug berorganisasi, ini cuma kumpul saja kalau sempat hehehehe. jadi gak ada agenda mingguan atau gimana, ada acara ya ajak-ajak gak ada ya sudah nyantai. ketika itu temanku satunya bro Aries nanya knalpotku M4 ya? aku jawab iya, lalu dia bilang kalau motor knalpot pendek tarikan bawahnya yang memang gigi 1-3 joss yang 4-6 jadi berat. jadi knalot kayak gitu cocock di buat perkotaan, sedangkan kalau jarak jauh mending pakai knalpot yang lebih panjang tarikan atasnya joss.

perkataan bro Aries pemilik Ninja 250 Karbu ini ada kesamaan sedikti dengan saudaraku dan beberapa orang yang bilang padaku sebelum ganti knalpot racing. mereka kan mengakatan kalau kanlpot racing cepat pada gear 1-3 saja sisanya berat untuk ngangkat tenaganya. tapi mereka bilang semua knalpot, sedangkan bro Aries knalpot racing yang pendek saja. nah apakah benar begitu? ya bro aries sudah 5 tahun memakai Ninja 250 karbu jadi gak mungkin ngomong sembarangan, tapi anehnya hal itu gak berlaku kepadaku. buktinya akselerasi makin cepat memang di putaran bawah, tapi setelah naik ke gigi 4 akselerasi gak drop malah makin kencang dan top speed nambah, bayangin saja motor masih standard masuk gear 4 bisa tembus 150km/h lebih, soalnya aku lari 145km/h masih panjang rpmnya di gear 4. hal itu aku coba saat touring bersama sama teman RC25 Surabaya.

sebenarnya yang bilang knalpot pendek putaran bawahnya kencang, atasnya jadi berat gak bro Aries saja, salah satu teman dari RC25 juga pernah bilang seperti itu, hal itu bikin aku garuk-garuk kepala soalnya hal itu gak terjadi pada motorku. mereka-mereka ini adalah bikers yang sudah sangat lama terjun di dunia motor 250cc, jadi gak mungkin ngomong ngawur, tapi nyatanya motorku tidak begitu. apa gigi 5-6nya motorku jadi berat tarikannya tidak sama dengan yang merka katakan? kayaknya tidak juga, pernah aku naikkan ke gear lima masih naik top speednya tapi aku gak berani terus ya turunkan kecepatan jadinya. padahal angin kencang kecepatan bisa naik secara cepat. jadi ada sedikit perbedaan, apa mungkin tiap motor beda efeknya? entahlah, yang penting motorku tidak seperti yang mereka katakan kalau gear 1-3 saja kencang sisanya berat. 

ya mereka aku bilangin motorku gak seperti itu kayak agak-agak kurang percaya tapi gak masalah yang penting kenyataannya gak lemot gear 4-6  di motorku. bro Aries sendiri gonta ganti knalpot untuk menyiasatinya. bila di kota-kota memakai knalpot pendek (sama-sama M4) seperti punyaku tapi untuk motor Ninja Karbu 250, kalau jarak jauh ya memakai yang panjang biar tarikan atasnya mantap. wah enak bisa setel motor sendiri berarti. kalau aku satu saja deh sudah cukup hehehehe. jadi tiap motor mungkin karakternya beda atau settingan ecunya mungkin juga pengaruh (kalau akrbu ya setelan karbunya), makanya dulu aku minta saran teman-teman setelah ganti knalpot di setting kayak gimana enaknya. setelah aku turutin untungnya malah lebih baik motorku. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan mekrnya bikers adalah saudara!

No comments: