Sunday, December 4, 2016

awas penipuan berkedok pertemanan yang berujung motor di bawa lari!

memiliki teman baik siapa sih yang gak senang? semua orang senang punya teman baik, tapi kebaikan ini di manfaatkan oleh para pelaku kejahatan. sudah 4x kejadian tetanggaku mengalami hal serupa yaitu di ajak kenalan di jalan kemudian makin lama makin akrab setelah itu dia berani pinjam motor dan akhirnya di bawa kabur. berikut beberapa kronologi yang dapat aku tulis :

1. tetangga penjual rokok & minuman di dekat pasar : nah suatu ketika ada orang tiba-tiba duduk memesan minuman secangkir kopi kalau gak salah. nah sambil memesan si pelaku berusaha berkomunikasi dengan tetanggaku yang calon korban ini. ya dia berhasil dia bisa ngobrol asik dengan calon korban. tapi modusnya ini pintar biar gak ketahuan ya dia berteman cukup lama! nah setelah sudah sangat akrab dan kenal baik suatu ketika dia bilang ingin miminjem motor korban alasan motor lagi di service lah, ini itulah dan banyak pokoknya alasannya. biar meyakinkan dia memesan 10 bungkus mie goreng sekaligus nanti setelah beres urusan di ambil sambil mengbalikan motornya. ya karena sudah kenal dekat ya motor itu di pinjamkan beserta STNKnya juga. akhirnya bisa di tebak, korban ngaplo soalnya gak kembali motornya beserta orangnya. mie sudah di bungkus sepuluh juga sia-sia. kejadian sekitar 10 tahun lalu.

2. tetangga yang di bohongin mau di nikahin : ini lebih gila lagi shabat bikers sekalian, awalnya ya sama kenal di jalan, kemudian si pelaku mencoba membuat hubungan dengan si calon korban makin akrab dan dekat. ya karena sudah saling akrab dan begitu dekat mereka memutuskan untuk serius ke pernikahan. ya si korban tetanggaku (cewek) ya seneng banget lah. ya proses lamar melamarnya aku kurang tau jelasnya, soalnya sudah lama sekali, intinya ketika sudah hari H pernikahan pelaku baru beraksi. saat mau melangsungkan pernikahan nunggu orang tua mempelai pria. eh kok di tunggu tunggu gak datang sih? akhirnya mempelai pria berusaha telp gak bisa karena pulsa habis ya meminjam hp adik mempelai wanita, eh masih gak bisa, saudara mempelai putri di pinjam juga hpnya. di hubungi gak bisa bisa dia meminjam motor ( mega pro karbu) untuk mendatangi orang tuanya, kenapa kok gak datang-datang. dan motorpun di pinjamkan. 

eh di tunggu berjam-jam gak kembali mempelai prianya. saat di cari di rumahnya ternyata alamat palsu, itu rumah kontrakan yang sudah habis! di cari kemana-mana sudah hilang jejaknya. tentu si mempelai wanita sedih banget selama ini di bohongin agar bisa merampok motor saudaranya plus dapat 2 hp, biadab banget. yang bikin aku sebel ternyata suatu ketika kakak korban tadi mergokin sang penipu di pasar sedang memesan mie goreng, bodohnya dia gak langsung samperin dan di hajar teriakin maling malah disuruh diam di tempat & panggil tetangga kemudian. maling mana yang mau di tangkap ya dia malah kabur, mie gorengnya sudah jadi dia gak balik alias menghilang. itu bikin sebel, seharusnya tau dia di sana gak rame-rame grebek saja ssendiri lalu teriak maling beres sudah kena, berhubung malah di suruh nunggu ya kabur =_=. kejadian sekitar 8 tahun lalu.

3. Tetanga sebelah desa tapi sangat dekat dan sering ketemu : nah kali ini modusnya sama dengan yang pertama. orban di dekati dan di ajak ngbrol, entah di apain kok sampai jadi akrab banget, mungkin sering di traktir dan dilakukan hal baik lainnya biar makin  percaya korbannya. seperti tadi modusnya setelah akrab dan kenal baik dia berani pinjam motor si korban dan ya motor gak kembali! alamat rumahnya gak ada, jadi selama berteman gak pernah ngajak ke rumah si pelaku jadi mau di cari kemana ya gak ketemu.

4. kakak teman temanku sesama rider R25 : nah dia ini juga sama modusnya, cuma selama ini orang kepercayaannya (sekaligus temannya) jadi supirnya mengantar kemana-mana. kemudian suatu ketika si korban ingin beli mobil baru dan hendak menjual mobilnya yang sekarang, dia mau mengambil uang di bank dan di antar oleh temannya tadi, ya tentu gak curiga sudah kenal lama kan gak mungkin ada piikiran aneh-aneh. ya dia turun dan si  temannya pergi kemana gitu ada saja alasannya dan bilang cuma bentar, akan segera kembali sebelum urusan di bank selesai. akhirnya sama mobil gak balik dan alamat pelakunnya gak tau. 

dari kisahku di atas tadi bisa kita ambil kesimpulan bahwa pelaku melancarkan aksinya dengan sabar karena gak 1-2 minggu, ada yang berbulan-bulan bahkan tahunan. setelah korban percaya dan dekat baru eksekusi. biasanya begitu kenal di jalan atau dari temannya teman, kemdian setelah kenal jadi baik bak saudara sendiri baru beraksi. jadi kejadian di atas kita ambil hikmahnya dan sebagai pembelajaran bagi kita semua, sebaik-baiknya teman bila tidak terlalu tau jelas seluk beluk orangnya dan belum benar-benar dekat sampai sering mampir kerumahnya ya jangan pernah kasikan motormu kepadanya,. bila di kasikan alamat deh motor gak kembali. sebenanrnya masih ada lagi banyak cerita tapi nanti kepanjangan karena banyaknya modus seperti itu di sini, tapi cukup 4 saja sudah panjang dan cukup buat sahabat bikers sekelian dan aku untuk intropeksi diri agar lebih berhati-hati dalam meminjamkan motor atau kendaraan lain pada teman, apalagi teman walau teman baik sekalipun, kecuali bila sahabah bikers sekalian sudah tau betul dia dan kenal bertahun-tahun.

bukannya ngajak pelit, tapi faktanya penipuan dengan kedok pertemanan memang ampuh dan korban berjatuhan, jadi marilah kita waspada sahabat bikers sekalian. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: