Monday, February 16, 2015

Bikers punya duit 60 juta buat beli motor mau pilih motor apa?

Setelah R25 rilis sekarang di indonesia ada 4 motor 250cc, terus kalau kalian semua mau beli motor ada anggaran 60 juta mau beli yang mana? CBR250, R25, NINJA250FI/NINJA250 MONO?

NINJA 250FI : Ninja 250fi ini sudah lama melenggang di tanah air jadi biarpun sudah ada R25 tapi minat bikers pada motor kawasaki ini masih tinggi. walau harga di atas R25 tapi kalau suka ya mau gimana lagi tetap bikers akan memilih ninja. apa overprice? menurutku sih ya lumayan tapi karena CBU jadi mahal masih bisa di bilang masuk akal harganya. nilai lebihnya pada ninja ini kata berbagai blog dan teman-teman bikers kualitas material bodynya lebih bagus dari R25, kemudian mesin juga oke gak bakal kecewa buat penggemar motor 250cc dua silinder.

CBR250R : nah kalau cbr250 ini yang menurutku harganya paling overprice dengan spesifikasi 1 silinder harga nyentuh 50-jutaan kan nanggung nambahin dikit dapat R25! tapi bukan berarti cbr 250 gak ada kelebihannya. kelebihan utama pada mesinnya yang tangguh. buat jarak jauh sekalipun masih tangguh, mesin gak gampang panas, dan gak gampang rewel. bahan bakar tentu lebih irit karena 1 silinder. material bodynya juga sudah bagus. body mirip cbr1000rr. (untuk cbr ini sudah pernah nyoba ketangguhannya karena pernah punya)

Ninja 250RR Mono : Ninja RR mono ini paling terjangkau harganya di antara motor 250cc lainnya. motor ini dengan kemapuan mumpuni turunan KLX sangat tangguh dan stop and go juga pasti kencang sekali. memang body terlihat seperti motor 150cc tapi jangan salah biarpun ban dan body kecil tapi mesin tangguh dan lincah kemudian desain motornya juga keren walau masih menggunakan single headlamp. motor ini sangat cocok buat yang demen kecepatan dengan harga yang masih di bawah 50juta-an.

Inazuma 250cc : motor keluaran suzuki ini sebenarnya gak kalah tangguh dengan ninja 250fi walau masih SOHC. dari segi ergonomi dan tenaganya cocok untuk touring jarak jauh. apalagi motor ini harganya juga gak sampai 50 juta jadi sangat bagus sebenarnya cuma inazuma ini kalah poluler daripada ninja 250 bahkan cbr sekalipun entah kenapa? dari mesin sebenarnya sudah mumpuni dan body juga gak jelek tapi bikers indonesia kurang respon dengan produki besutan suzuki ini.

R25 : motor yang di rilis tahun 2014 lalu oleh yamaha sangat di sambut hangat oleh bikers indonesia. dengan harga sekitar 54 juta OTR Surabaya-Sidoarjo jadi lebih murah dari Ninja 250FI dengan mesin yang lebih oke menjadi daya tarik bikers, apalagi jaringan service lebih luas dari kawasaki dan sparepartnya lebih murah dan cepat tersedia. handling selincah cbr250 dan tenaga dahyat 2 silinder
 dipadukan dalam R25 ini sehingga sangat mumpuni dari segi power dan handlingnya. kemudian belinya gak perlu susah susah inden karena dealer yamaha banyak yang jual dan 1 dealerpun biasanya ngasih 1 - 3 unit stock R25nya kalaupun habis tinggal nyari di dealer lain pastinya ada. aku tau betul karena sering lewat sidoarjo-surabaya dan saat iseng noleh di tiap dealer yamaha sudaha da unit R25 & R15nya. kalaupun sudah laku penggantinya langsung datang jadi gak perlu takut inden lama sekarang ada duit ke dealer langsung kirim gak perlu inden. satu lagi kelebihannya buat nanjak tajam walau 2 silinder tenaganya tetap ngisi dan terus naik hebat banget, kalau ninja 250 aku belum coba tapi untuk R25 ini sudah aku coba sendiri. dengan berbagai kelebihan membuat motor 250cc lain jadi inferior tapi bukan berarti gaka da celanya. contoh dari body belakang gak ada pegangan buat nyeret ke samping membuat susah kalau belok di tempat yang sempit, terlihat sepele tapi sebenarnya cukup melelahkan, sebenarnya gak hanya itu saja mungkin ada kekurangan lain yang aku tidak tau.

jadi setiap produk motor jepang ini memiliki kekurangan dan kelebihan sendiri - sendiri jadi terserah bikers sendiri mau pilih mana? karena setiap bikers memiliki selera yang berbeda beda. khusus R25 aku memang memiliki banyak pengalaman yang berhubungan dengan motor ini karena mencoba sendiri jadi sesi R25nya paling panjang, walau cbr juga punya aku tapi gak banyak yang bisa aku ceritakan selain mesinnya yang tangguh dan handling yang super nyaman daripada motor 250cc lainnya kecuali street bike 250cc seperti ninja 250 mono tanpa fairing & inazuma. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: