Thursday, February 12, 2015

gunakan penghasilan kita dengan bijak

Saat aku membelikan ikan pindang untuk kucing peliharaanku aku melihat sekeliling banyak ibu-ibu yang berjualan. saat aku melihat mereka hatiku sepertinya tidak tega melihat mereka berjualan di pingir pinggir jalan di pasar dengan dagangan apa adanya. dari buah, sayur dan berbagai macam macam bumbu masakan dan keperluan dapur lainnya. mereka dengan susah payah mengais rejeki untuk mencukupi kebutuhan keluarga. kemudian saat aku melihat sebagian orang banyak sekali mereka-mereka yang berfoya-foya menghabiskan uang untuk kesenangan sesaat yang menurutku kurang baik karena masih banyak orang yang susah malah bersenang senang secara berlebihan. mereka yang berfoya-foya tidak meresakan susahnya hidup. memang kita senang-senang itu sah sah saja tapi tidak harus terlalu berlebihan dan terlalu sering. coba kita lihat mereka - mereka yang kesulitan ini pastinya kita akan merasa betapa susahnya orang lain mencukupi kebutuhannya sedangkan kita yang sudah mampu malah bersenang senang secara berlebihan pasti akan berpikir dan ingin merenung. 

jadi ingin menggunakan hasil jeri payah kita kalau penghasilan kita lumayan banyak atau yang banyak sekalipun jangan terlalu berlebihan. seumpama sebuah barang selama kita tidak terlalu membutuhkannya mending kita berpikir berkali kali sebelum memutuskan membelinya. atau barang yang mahal-mahal kalau uang kita pas pasan sekalipun dapat membelihnya kita pikirkan dulu. kalau memang sangat butuh kita memang harus membelinya tapi kalau gak terlalu butuh mending jangan. seumpama beli barang elektronik yang biasa saja sudah lebih dari cukup kenapa beli yang mahal? lebih jelasnya kita beli laptop seharga 4 juta itu sudah cukup untuk mengerjakan keperluan kita kenapa kita harus beli yang 10 juta? memang beda harga beda spesifikasi tapi spesifikasi yang biasa sudah cukup kenapa harus yang lebih tinggi? kercuali benar-benar butuh. kan kalau kita gunakan uang kita sesuai kebutuhan daripada yang tidak terlalu kita butuhkan kita bisa menghemat dan sisa uang bisa di gunakan untuk keperluan yang lain atau di simpan dan di gunakan jika sewaktu waktu di butuhkan.

begitu juga dengan hp atau handphone seharga 1 jutaan cukup buat kita kenapa harus beli mahal sampai 5 jutaan? seperti yang aku katakan tadi sisanya bisa di tabung bila butuh uang karena hal tak terduga kita bisa menggunakannya atau kita simpan jika ada kebutuhan lain sewaktu waktu kita tinggal menggunakan uang sisanya tadi jadi kita bisa berhemat tak perlu keluar uang terlalu banyak untuk mencukupi kebutuhan berikutnya karena ada uang sisah penggunaan yang sebelumnya. tapi kita uang pas-pasan tapi butuh suatu barang tapi mahal, karena memang di butuhkan ya tentu kita harus membelinya karena memang di butuhkan. kalau orang bilang kita mampu kenapa tidak? mungkin mereka yang duitnya gak kekuranghan malah terlalu kelebihan jadi sesuka hati mau di apakan. ya hak setiap orang mau di apain penghasilannya tapi jangan lupa lah sishkan sebagian untuk saudara saudara kita yang kekurangan. jangan mentang mentang kita ada duit bisa suka suka disaat banyak orang yang masih membutuhkan/kesusahan. sama saja saat ada orang sedang kesusahan kita malah senang senang tidak memeperdulikannya. 

aku menulis ini karena di sekelilingku ada mereka-mereka yang mampu memang bisa menggunakan uangnya sesuka hati tapi tidak dengan bijaksana atau bisa di bilang berlebihan. sperti yang aku tulis di atas beli barang cukup yang sesusai kebutuhan sisanya kita bisa guankan untuk keperluan lain. kalau kita beli tidak sesuai kebutuhan, beli yang berlebihan dengan uang pas-pasan sewaktu waktu butuh uang kita tidak ada dana gimana? kepaksa barang kita jual dengan murah agar cepet dapat dana dan kita gak untung malah buntung. dan sudah banyak kejadian seperti ini jadi mereka yang mengalaminnya mendapat pelajaran yang berharga. jadi buat semua orang yang uangnya serba kecukupan/pas-pasan gunakan hasil kerja kita dengan bijaksana. kalau memang benar benar ingin membeli suatu barang yang mahal dan uang kita pas-pasan kita mampu ya boleh boleh saja tapi jangan keseringan atau taraf yang tidak terlalu berlebihan dan tidak mengganggu kebutuhan pokok kita. asal senang kan gak masalah tapi juga jangan terlalu, syukuri saja apa yang kita punya. kalau memang sudah kelebihan uang kita beli semahal apapun kan gak masalah asal gak menganggu kebutuhan pokok dan sisihkan sebagian penghasilan kita buat saudara kita yang membutuhkan. jadi kita senang-senang tapi gak melupakan orang lain yang membutuhkan.

No comments: