Wednesday, February 25, 2015

Sebelum menggunakan motor baru baca buku petunjuk dan inreyen yang benar agar mesin tidak ada gangguan

kebanyakan orang setelah membeli motor sudah gak sabar untuk menggebar motornya dengan kencang dan di buat langsung pakai normal tanpa membaca buku petunjuk dan mengabaikan inreyen. memang kadang kita tidak merasakan perbedaan pada motor kita. itu gak masalah tapi kalau ada apa apanya kita sendiri yang menyesal. jadi buat bikers yang baru beli motor terutama motor sport sangat aku anjurkan membaca buku petunjuknya dengan teliti agar bisa menggunakan motor dengan benar tidak asal pakai malah motor jadi ada yang error seperti yang dialami bikers di daerah sekitarku.

pertama tetanggaku temannya baru beli ninja 150r tanpa memperdulikan buku petunjuk dan melakukan inreyend engan benar pemilik motor tersebut menggunakan motornya ke tanjakan padahal belum seminggu dibeli. akibatnya di saat tujuan belum sampai motor sudah mengalami kerusakan, entah apa itu kerusakannya akus endiri kurang denganr dengan jelas ayng pasti olinya (entah oly samping atau oli biasa) saat di keluarkan dari motor warnanya ajdi putih dan membutuhkans ervice berat motornya sehingga tidak bisa melakukan perjalanan.

kedua satu lagi cerita saudaraku punya teman beli R15 belum genap satu bulan sang pemilik sudah membawanya ke jalan yang curam tanjakannya (cangar) awalnya dia tidak merasakan apa - apa santai dan biasa saja tapi alangkah kagetnya sang pemilik motor saat sudah turund ari tanjakan performa motornya jadi lemot dan gak bisa kencang seperti semula tantu hal ini membuatnya galau. 

dari kedua cerita di atas dengan jelas sang pemilik motor tidak melakukan inrenyen dengan benar dan tidak membaca buku petunjuk penggunaan sebelum mengendarai kendaraannya. entah akhirnya gimana kedua bikers di atas aku tidak dapat kabar darit temanku yang memebritaukan cerita itu. semoga saja sudah kembali normal motornya. buat bikers yang lain mungkin ada melakukan hal di seperti di atas tapi tidak ada masalah, kalau begitu bersyukurlah karena terhindar dari masalah bisa di bilang beruntung, kalau tidak bisa buntung malahan. jadi seperti orang bilang lebih baik mencegah daripada mengobati. sebelum menggunakan motor inreyenlah dengan benar dan baca buku petunjuk penggunaan motor bro.

biasanya kalau bikersnya inreyen dengan benar pastinya gak bakalan di geber kencang soalnya msinnya kan masih agak sesak dalamnya, gram-gramnya juga belum luntur semua nah setelah habis masa inreyen dan ganti oli gramnya sudah keluar semua mesin sudah gak sesak dan bener benar normal baru bisa di geber kecepatan maksimalnya. 

saranku kalau belum selesai inreyen jangan di buat tanjakan motornya. motor bukannya malah bagus malah ada yang gak beres jadinya kita yang susah sendiri jadinya. soalnya disini banyak yang bilang kalau beli motor dan selama masa inrenyen motor harus di bawa ke tanjakan  agar saat setelah inreyen nanti kuat buat najak, kalau tidak bisa gak begitu kuat. aku sendiri sih belum mencoba tapi menurutku malah tidak baik. saat aku membaca buku petunjuk R25 mungkin buku petunjuk motor lain isinya hampir sama. dengan jelas tertulis motor saat belum mencapai masa inreyen 1600km (R25) jangan menggunakan motor dengan RPM di atas 8500 dan jangan menggunakan motor dengan beban terlalu berat. 

kalau di langgar dan terjadi sesuatu yang gak bener pada motor ya salah pemilik sendiri harus nerima konsekuennya. kalau tidak menurut buku petunjuk dengan benar otomatis garansi mesin juga hilang, jadi seumpama ada yang rewel pada mesin, gak dapat ganti / garansi hangus karena tidak mengikuti petunjuk penggunaan motor dengan benar. jadi lebih baik baca petunjuk dulu dan melakukan inreyen dengan benar barulah setelah lewat masa inreyen tadi dan ganti filter oli dan service bisa di gunakan dengan normal. mau buat tanjakan, boncengan yang berat-berat gak masalah. kalau sudah nurut buku dengan benar tapi masih ada masalah pada motor berarti bukan kesalahan pemilik dengan kasus seperti itu pemilik bisa klaim ke service resminya karena sudah melakukan prosedur dengan benar perawatan motornya tapi masih ada gangguan. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: