Thursday, December 18, 2014

susahnya mencari service motor yang profesional bahkan di service resmi sekalipun

gambar ilustrasi

Di daerah rumaku memang banyak sekali terdapat service motor, baik itu secara resmi ataupun service motor biasa. tapi mencari service motor yang benar benar profesional itu sangat susah dan setiap bengkel servie motor ada ada aja kekurangannya. mulai dari servicenya yang kurang sempurna atau kurng puas atau malah ada yang gak beres malahan setelah di service.

kejadian kejadian yang aku dan teman/saudaraku alami saat service motor :

- saat service motor 250cc ku. kejadian ini aku alami kurang lebih 1 tahun yang lalu. karena jarang aku pake motor 250cc nya gara gara terlalu sibuk saat aku pake ternyata koplingnya nyangkut. maksudnya? saat aku masukin gear 1 aku kopling eh melompat motornya dan mesin mati seperti ngopling gak selesai. jadi saat mesin gak berjalan tapi di gear 1 kan harus terus tekan tuas kopling kalau gak di tekan kan motor mati, seperti itulah motorku kerusakannya padahal aku tekan terus tuas koplingnya eh tapi mesinnya melepas sendiri jadi mesin mati walau aku tetap memegang tuas koplingnya. aku ke bengkel resmi terdekat yang bisa service motor 250cc. aku meminta service datang ke rumah karena kebetulan di sana bisa melayani service datang jika motornya 250cc/motor premium lainnya. ya setelah tiba aku langsung tanya tanya ke mekaniknya dan katanya harus ganti kampas kopling. aku terkejut bukan main. ini motor jarang di pake dan belum 1 tahun masa harus ganti kampas kopling. dan itu biayanya gak murah bro. 

sampai akhirnya aku service di tempat lain yang agak jauh tapi sayangnya gak bisa datang. karena motorku gak bisa jalan kepaksa aku pinjem mobil saudara untuk mengangkut motorku. berkat solidaritas tetangga dengan susah payah cbrku aku masukan ke mobil pick up dan siap di bawa ke service yang agak jauh. setelah sampai di sana ternyata benar dugaanku kalau ds service sebelumnya yang aku tanyakan ternyata salah. itu bukan kerusakan koplingnya! aku tanya sang mekanik kerusaknnya katanya gaka da cuma olinya di keluarin terus di masukin lagi sudah normal =_= aku geleng geleng kepala jadiya. kalau aku jadi service di tempat yang pertama tadi aku pasti rogoh dompet dalam dalam, tapi di service yang agak jauh ini sangat profesional jadi gak perlu ngeluarin duit karena servicenya masih gratis dan gaka da kerusakan.

- Saat service motor bebek di service resmi. aku service motorku karena memang sudah lama sekali tidak service motorku jadi per;u perawatan biar awet. tapi entah napa setelelah aku service kok malah agak gak enak mesinnya akupun sangat bingung tapi karena masih bisa jalan aku tentu saja tidak terlalu menghiraukannya. kemudian setelah aku pakai nganter adik di tengah jalan mogok motor bebekku. karena tidak tau sama sekali tentang permesinan aku mencari bengkel emperan terdekat untuk service motorku. setelah cukup lama mendorong motorku aku menemukan bengkel emperan dans etelah di cek aku di tanyai sama tukang servicenya : "mas ini motor gak pernah diservice kok karbunya kotor semua dan tersumbat makanya gak bisa jalan motornya." what! aku kaget setengah mati karena itu motor baru service 2 minggu malah gak bener dan mogok!. tentu aku jawab : "lho aku service pak, malah belum sebulan. sekitar 2 mingguan pak di bengkel resminya malahan tapi bukanhya mesin oke malah mati! padahal belum aku service ini motor lancar saja pak tapi karena sudah lama gak akus ervice akhirnya akus ervic k bengkel resmi pak eh malah mogogk kayak gini." sambil kecewa berat inis ervice resmi gak bikin motor bener malah mogok motorku, sampai sampai bengkel rumhan itu ngeledek.

- kali ini servic motor bebek juga, motor yang sama yang kau bahas di atas. karena sudah terlalu tua motorku aku bawa ke service rumahan saja kerjanya cepet dan bagus. tapi anehnya walau motor lama jika di service di tempat lain resmi / biasa biasanya lama gak service gak masalah. tapi kenaehan timbul, entah kebetulan atau tidak setelah dis ervice ti tempas service A sebut saja demikian motor emmang enak tapi setelah di pakai agak lama ada ada saja yang rusak kemudian buntut buntutnya ada ayng di perbaiki sampai berkali kali dan sampai sekarang. siapa sih yang gak curiga kalau motor dikit2 masuk bengkel? biarpun sudah tua tapi gak pernah seperti ini. bukannya fitnah tapi ya sekedar curiga saja soalnya biasanya walau sudah parah aku service beres tapi ini malah berkelanjutan.

- satu lagi motor bebek dan baru di beli. kali ini punya saudaraku. baru beli baru 1 bulanan eh motor merembes di bagian mesinnya. tentu saja si saudaraku galau ini motor beli kredit belum lunas pula sudah kayak begini. akhirnya dia membawa ke service yang jauh yang biasanya langganan. walau jauh jarak tidak jadi masalah karena serrvicenya bagus. alangkah kagetnya saudaraku motornya kalau rusak parah tidak di terima karena alasannya tidak beli di dealernya.  padahal seharusnya buku service gratisnya bisa di gunakan di bengkel resmi manapun seluruh indonesiatapi di bengkel itu menolaknya dan mengembalikan motornya. itu sebuah kecurangan di mana peraturan di langgar, seharusnya bisa nerima dari manapun motornya asalkan mereknya sama biar beli di tempat berbeda gak masalah seharusnya tapi ini malah di tolak. jutru malah yang beli di delarenya telat dikit dikit service gratisnya malah tidak apa apa. ini merupakan bentuk diskriminasi bengkel tertentu kepada konsumen. sayangnya tidaka da pengaduan konsumen pada bengkel tersebut jadi saudaraku akhirnya pulang dengan rasa kecewa.

tidak sampai di situ, setelah di bawa di bengkel terdekat aja siapa tau bisa jadi akupun mengantarnya. setelah aku antar aku tinggal motornya sudah di perbaiki dan ternyata tidak mengganti biaya apapun. tapi mesin motornya masih tidak begitu normal katanya. karena kurang puas walaupun sudah tidak merembes motornya tapi ada yang gak enak, dia bawa lagi ke bengkel  resmi lainnya yang katanya lebih profesional, tapi nyatanya sama saja mereka malah bingung mekaniknya dan gak ada hasil apa apa sampai sekarang.

beberapa contoh di atas membutikan service di sini apaun merk motornya menurutku masih jauh dari harapan konsumen semoga semua bengkel service resmi maupun biasa bisa berbenah diri agar konsumen semakin puas. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!





No comments: