Saturday, December 13, 2014

Jika Byson FI rilis akankah dapat menggantikan Byson karbu di hati para Byonic?

Byson FI memang belum di rilis dan waktu perilisannya juga belum di ketahui tapi jika sudah di rilis akankah Byson FI ini dapat menggantikan Byson karbu di hati Byonic? mungkin sebagian iya sebagian tidak. kenapa bisa begitu? karena jelas para bikers membeli byson sebagai tunggangannya jelas karena modelnya oke seperti moge jadi walau berkubikasi 150cc tapi bodynya besar terlihat keren, otomatis prestige di dapat karena terlihat gagah bak motor gede :D. sebagai ganti kegagahan itu, performa di korbankan. karena motor 150cc tapi bodynya besar otomatis mesin jadi agak berat sehingga agak lemot. bahkan sahabatku seorang byonic dulu pernah bilang bisa di salip supra x 125. tapi para byonic gak kehabisan akal, karena mesin byson itu masih karbu jadi kalau di modif macam apa saja bisa dengan biaya gak terlalu mahal bisa lari kencang. bayangkan Byson punya temanku yang semula bisa di salip supra x 125 kini bisa menyalip satria fu karena di modif apalagi dalam kedadaan ban belakang ukurna besar 140 (kuruan motor 250cc standar). 

jadi sebagian bikers sebenarnya gak menginginkan bysonnya gagah saja tapi juga kencang jadi para bikers yang doyan ngebut tinggal di bawa motornya ke bengkel dan di modif biar bsa lari kencang, cerita akan lain jika motor bysonnya bermesin injeksi. bagi para bikers yang cuma suka gagahnya saja gak masalah mesin FI malah enak mesin lebih irit tapi lebih bertenaga dari yang karbu tapi bagi yang doyan kencang jadi masalah karena untuk modif motor injeksi gak murah, itupun gak semaksimal motor karbu tapi biayanya lebih besar. seperti ganti ECU dan setting lewat PC dll. hal ini bisa jadi problematika para bikers yang ingin membeli byson.

Para bikers yang ingin motor bysonnya lari kecang pasti lebih milih karbu, sedangkan yang ingin gagahnya saja pasti lebih memilih yang FI karena lebih efisien. jika Byson FI dirilis yang ingin bysonnya jadi kencang harus merogoh dompet lebih dalam lagi. mengkin sebagian orang perbikir beralih ke mesin injeksi memang sudah saatnya karena jaman sudah modern dan kendaraan ber injeksi semua mesinnya, tapi kalau urusan speed gak perduli dengan jaman. kalau jaman membuat motor gak bisa di oprek jadi kenceng secara maksimal pasti biker lebih memilih motor yang jadul tapi bisadi oprek biar lari kencang. contohnya motor 2 tak sampai sekarang masih laku walau masih 2 tak dan karbu itu karena speednya gak tergantikan motor jaman sekarang jadi motor 2 tak masih di buru. sama halnya dengan motor karburator dan injeksi, walau jaman sudah memakai mesin injeksi motor karburator tetap di minati karena bisa di modif / di oprek dengan gampang daripada yang injeksi. coontohnya banyak para biker kalau ada pilihan mesin antara injeksi dan karbu pasti kebanyakan lebih memilih karbu.

memang jaman kini beralih dan mesin karburator makin di tinggalkan. jadi mau tidak mau motor besutan Yamaha ini pastinya akan beralih ke motor injeksi demi perkembangan jaman dan efisiensi. jadi bagi penggemar mesin karbu harus mengalah seperti halnya motor bebek yang hampir semuanya sudah injeksi mesinnya padahal sebenarnya konsumen dahulu lebih memilih karbu daripada injeksi, tapi karena produsen motor hanya menyediakan motor injeksi saja mau tidak mau mereka menerimanya. walau bermesin injeksi bukan berarti para bikers penggemar motor byson (Byonic) yang demen kencang tidak mau menerimanya. mereka pasti bisa menerimanya karena sekali sudah suka suatu motor apapun mesinnya entah injeksi atau karbu pasti di beli. tapi tentu dengan megogoh dompet lebih dalam lagi. merogoh dompet lebih banyak pun tidak terlalu berarti jika sang bikers pemilik motor sudah terlanjur suka dan ingin tunggangannya lebih ngacir. salam bikers salam persaudaraan, apaun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: