Monday, December 1, 2014

Karburator vs injeksi mana yang yang lebih baik?

Sekarang, hapir semua motor bebek, matic dan sport menggunakan pengapian injeksi dan karburator pun mulai di tinggalkan. lalu bagus mana sih pengapian menggunakan injeksi atau karburator? nah berikut ini kelebihan dan kekurangan motor injeksi dan karburator.

1. kelemahan motor karburator: kalau sama sama standaran memang motor injeksi lebih unggul dari karburator. karena mesin injeksi lebih irit bahan bakar karena efisien pembakaran bahan bakarnya dan performa lebih baik dari karburator. sehingga karburator terlihat tidak seirit motor injeksi dan performanya juga masih di bawahnya.

2. kelebihan motor karburator : kelebihannya karburator ialah sangat mudah di service berbagai tempat karena rata rata bengkel service biasa sudah mahir dan mengerti mesin berkarburator gak perlu ke service resmi jadi gak masalah sehingga ongkos servicenya murah. bahkan bisa di service sendiri oleh si pemilik motor karena hanya memerlukan peralatan mekanis standard sudah bisa service sendiri jika pemilik kendaraan tersebut mengerti sedikit banyak tentang motor karburator. kemudian yang gak kalah pentingnya bagi penggila speed, motor karburator sangat mudah di oprek dan di modif sana sini agar bisa lari lebih kencang dari standardnya dan ongkos opreknya gak memerlukan biaya terlalu mahal tapi sudah bisa ngacir sangat cepat.

3. kelemahan motor injeksi : kelemahan utamanya tidak semua bengkel biasa (bukan bengkel resmi) bisa service motor injeksi. memang sebagian ada yang bisa karena sudah memiliki peralatan servicenya tapi hanya sebagian kecil. jadi hannya bengkel resmi saja yang bisa service motor injeksi kalau bengkel biasa sangat sangat jarang yang bisa. hal itu di karenakan service injeksi harus memiliki alatnya sendiri, tidak seperti karburator yang bisa di service dengan alat service standard saja kalau injeksi ada alat  khususnya. kemudian motor injeksi kalau di oprek memelrukan biaya yang lebih mahal dari motor karbu. karena motor injeksi harus mengganti ECU nya untuk meningkatkan peerforma dan juga part lain juga sih itupun relatif sangat mahal. 


contoh untuk mengoprek motor sport 150cc karbu mungkin agar bisa nambah top speed dan akselerasi paling tidak di bawah 1 jutaan bahkan di bawa 500rb an juga bisa tergantung bengkelnya dan spek yang di inginkan pemilik motor. dengan uang segitu bisa bikin motor karbu maksimal speednya, entah di gedein kubikasinya di oprek sana sini yang penting intinya sangat cepat dan biaya gak terlalu mahal. sedangakan untuk motor injeksi untuk meningkatkan performa dan top speed selain setting ulang di perlukan ganti ECU juga agar performa dan top speed terdongkrak maksimal dan terkadang juga memerlukan part lain. mungkin di hitung hitung bisa sampai 1,5-2jt baru maksimal itupun kalau di adu sama motor karbu oprekan masih kalah padahal biaya lebih murah karbu opreknya. 1 lagi, kalau memakai premium terus menerus performa motor turun signifikan daripada karbu yang masih bisa normal minum premium.

4. kelebihan motor injeksi : walaupun hanya bisa di service di bengkel resmi dan bengkel biasa sangat jarang tapi perawatannya mudah dan cepat daripada karbu. tinggal cek saja lewat alat servicenya di cleaner injektornya beres. performa lebih oke daripada karbu tapi lebih irit seperti yang aku bilang di atas tadi (gak semuanya begitu terganting settingan ecunya makanya ada yang bilang injektion gak se enak karbu tarikannya). perawatan gampang dan gak ribet, jadi tinggal ganti oli rutin saja service jarang (bukan berarti gak sama sekali) mesin awet gak gampang rewel dan gak perlu utak atik lainnya karena sudah di atur ECU kelitrikan dan bahan bakarnya. 

walau di service di tempat yang berbeda beda sensasi pemakaian motornya hampir sama gak jauh berbeda dari sebelumnya walau ganti ganti tempat service dikarenakan gak perlu setel macem macem seperti angin, pengaliran bahan bakar dan lainnya seperti karbu karena sudah di atur ECU tadi. jika motor karbu beda servcinya sensasinya juga beda dan kadang kita merasa gak cocok dengan settingannya jadi harus pindah ketempat service yang lain. di motor injeksi hal ini tidak di temukan karena sudah tersetting di ECU seperti yang aku bilang tadi kecuali pemilik motor meminta maping ulang. 

itulah kekurangan dan kelebihan motor injeksi dan karburator, tapi yang aku sebutkan hanya sebagian saja mungkin ada kekurangan da kelebihan lainnya yang tidak aku tau. memang nyaris sama perawatannya anatara motor injeksi dan karburator tapi sedikit lebih cepat servicenya motor injeksi karena sudah banyak penganturananya di setting ecu tadi sedangkan karbu harus manual dan itu sedikit memakan waktu. walapun memakan waktu tentu daja tidak signifikan. antara motor injeksi dan karbu memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing tapi pendapat pribadiku kalau bisa motor karbu tidak perlu di hilangkan total walau sudah banyak yang beralih ke motor injeksi karena kemudahan motor karbu untuk di service di bengkel biasa manapun, kemudahan mengoprek mesin lebih maksimal dan lebih murah dan gak perlu susah susah ke bengkel resmi untuk servicenya. jadi mana yang lebih baik? tentu jawabanya ada pada sahabat bikers sekalian karena selera bikers berbeda beda. salam bikers salam persaudaraan, apapaun motor dan mereknya bikes adalah saudara!

note: gambar ambil di google

No comments: